Langsung ke konten utama

15 Bahaya Konsumsi Daging Merah Dalam Porsi Besar

Apakah anda seorang atlit atau olahragawan? Jika tidak , apa alasan anda sering mengkonsumsi daging merah? Anda tidak dilarang untuk makan daging merah , tapi dalam porsi dan frekuensi yang wajar. Sesuaikan dengan kebutuhan gizi harian.

15 Bahaya Makan Daging Merah
Memang tidak bisa dipungkiri bahwa daging sapi dan kambing sangat lezat kalau diolah menjadi sate , rawon , gulai , dan sebagainya. Daging merah mengandung sejumlah nutrisi gizi menyerupai protein , vitamin B kompleks , , lemak dan mineral. Namun konsumsi secara berlebihan dapat bermetamorfosis racun bagi badan kita.

Pola makan sehat lebih menyarankan untuk banyak makan buah-buahan dan sayur , dimana vitamin dan mineral di dalamnya sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Gaya hidup modern cenderung tidak sehat , dengan aneka macam menu harian yang berbahan daging merah.


15 Bahaya Konsumsi Daging Merah Dalam Porsi Besar


Ubah teladan makan anda kalau selama ini terlalu banyak mengkonsumsi daging merah. Anda akan mudah untuk melupakan rasanya yang enak , setelah mengetahui ancaman konsumsi daging merah secara terus-menerus. Nah , inilah beberapa penyakit berbahaya yang dapat disebabkan oleh kebiasaan buruk tersebut:

1. Konstipasi (Sembelit)

Daging merah merupakan salah satu makanan yang butuh waktu lama untuk dicerna dalam badan , disebabkan tinggi lemak tapi miskin serat. Komposisi ini membuat usus besar harus bekerja berat , terutama dikala melaksanakan gerakan peristaltik. Dampak buruknya terhadap pencernaan yakni sulit mendorong kotoran untuk dikeluarkan. Masalah kesehatan yang umum akhir keadaan ini menyerupai sembelit dan wasir. Pelajari: 7 Cara Mengobati Sembelit Menggunakan Bahan Alami

2. Penyakit kolesterol tinggi

Tingginya kadar lemak yang dikandung oleh daging merah dapat menyebabkan naiknya tingkat kolesterol buruk dalam tubuh. Penyuka sate dan rawon seharusnya menyadari fakta kesehatan ini. Jika kadar kolesterol mengalami kenaikan , dapat menyebabkan penumpukan plak dalam pembuluh darah.

3. Pembuluh darah menjadi keras (Aterosklerosis)

Penelitan menemukan bahwa senyawa karnitin akan menumpuk dalam badan , dengan konsumsi daging merah berlebih. Senyawa ini dapat menyebabkan pengerasan pembuluh darah. Kondisi buruk ini dapat memicu penyumbatan arteri dan gangguan jantung. Bahaya paling buruk dikala karnitin masuk ke dalam usus , dapat memicu berkembangnya basil berbahaya. Pelajari: Cara Mengobati Aterosklerosis Secara Alami

4. Tekanan darah tinggi

Konsumsi daging kambing secara berlebih dapat memicu risiko penyakit hipertensi. Makanan yang mengandung kolesterol dan lemak dalam jumlah tinggi ini , dapat menyebabkan penyempitan arteri kalau dikonsumsi secara terus-menerus. Dapat anda bayangkan arteri sempit yang harus mengalirkan darah dalam jumlah besar! Bahaya yang sangat mungkin terjadi yakni tekanan darah tinggi. Baik untuk anda: Daftar Makanan Penurun Hipertensi

5. Kanker usus besar


Memasak daging merah terlalu lama atau menyimpannya dalam kemasan tertentu , dapat memacu terbentuknya nitrosamine. Zat ini merupakan racun yang dapat menimbulkan kanker di usus besar. Untuk mencegahnya , kurangi konsumsi daging merah dan perbanyak asupan serat.

6. Mengurangi kekebalan tubuh

Kandungan gula alami dalam daging merah dapat bermetamorfosis racun bagi badan , ketika bercampur dengan enzim pencernaan. Hal ini terjadi kalau anda mengkonsumsi makanan ini secara berlebih. Racun tersebut pada kesudahannya akan menurunkan imunitas tubuh. Keluhan yang mungkin terjadi menyerupai peradangan.

7. Gagal ginjal

Bakteri Eschericia coli mungkin saja terdapat dalam daging merah yang tidak diolah dengan bersih dan sehat. Jika basil ini masuk ke dalam usus , dapat menimbulkan diare dan sakit perut. Tanpa penanganan cepat , kondisi ini dapat berakibat gagal ginjal.

8. Obesitas

Kebutuhan lemak harian tidaklah besar. Jika anda makan daging merah dalam porsi besar , maka lemak tidak digunakan oleh badan melainkan disimpan sebagai jaringan lemak. Tubuh yang gemuk rentan dengan aneka macam jenis penyakit berbahaya.

9. Diabetes tipe 2

Kebanyakan makan daging merah menyebabkan badan mendapat asupan lemak berlebih. Penyebabnya yakni glikemik tinggi di dalam makanan ini. Untuk memecah lemak diperlukan insulin dalam kadar tinggi. Ketika pankreas tak bisa memenuhi kebutuhan insulin , risikonya yakni diabetes tipe-2.

10. Tulang keropos

Daing merah mengandung kadar lemak jenuh yang tinggi. Jika anda makan daging setiap hari dalam porsi besar , maka lemak jenuh yang terkandung dalam makanan ini akan menghambat absorpsi kalsium. Padahal mineral penting ini sangat diperlukan untuk menjaga kepadatan tulang.

11. Penyakit Alzheimer

Daging merah mengandung zat besi dalam jumlah tinggi. Jika dikonsumsi secara berlebihan dan terus-menerus dapat menumpuk di otak , yang pada kesudahannya akan mengganggu sistem saraf pusat. Bahaya yang mungkin terjadi yakni penyakit Alzheimer. Simak juga: 5 Cara Efektif Untuk Mengatasi Kepikunan Dini

12. Endometriosis

Lemak jenuh dalam daging merah kalau dikonsumsi secara terus-menerus akan mengganggu sistem hormon. Wanita yang mengalami menstruasi harus hati-hati dalam hal ini. Penumpukan jaringan folikel dalam rahim dapat meningkatkan risiko penyakit endometriosis

13. Penyakit jantung

Pengerasaan pembuluh darah dapat disebabkan oleh senyawa karnitin , menyerupai disebutkan sebelumnya. Jika kondisi ini berlanjut dapat memicu risiko penyakit jantung.

14. Penyakit sapi gila

Kebiasaan konsumsi daging sapi secara berlebihan rentan dengan risiko penyakit sapi abnormal , dimana virus yang menyerang sapi punya peluang untuk menular kepada manusia.

15. Penyakit stroke

Kenaikan kadar kolesterol buruk (LDL) dalam badan akan menurunkan kinerja sistem pembuluh darah. Tumpukan plak dalam pembuluh darah akan menyebabkan pedoman darah dan oksigen ke adegan otak menjadi tidak lancar. Bahaya yang paling buruk yakni adalah rusaknya sel saraf pada otak. Jika pedoman darah ke otak mengalami sumbatan , yang terjadi yakni penyakit stroke. Tahukah anda: 7 Makanan Pantangan Bagi Penderita Stroke

Nah , itulah 15 ancaman konsumsi daging merah dalam porsi besar. Makara , sangat disarankan bagi anda untuk tidak makan daging secara terus-menerus dalam porsi besar. Proporsional dalam mengkonsumsi makanan merupakan salah satu teladan hidup sehat , yang tentunya berakibat baik bagi badan anda. Semoga sehat dan bugar selalu!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Top 15 Makanan Yang Mengandung Kalsium Tinggi

Kalsium merupakan salah satu unsur penting yang dibutuhkan untuk kelangsungan hidup manusia. Kalsium digunakan oleh tubuh kita untuk membangun , menguatkan , dan menjaga struktur tulang yang sehat. Produk makanan yang mengandung kalsium dapat dikenali dengan adanya simbul "Ca" yang tertera pada kemasan. Lantas , apa saja makanan alami yang mengandung mineral ini? Kalsium memang akrab kaitannya dengan kesehatan tulang. Tubuh kita menggunakan mineral ini dalam jumlah kecil untuk menunjang fungsi organ lainnya menyerupai jantung , darah , dan saraf. Benar , sebagian besar dari kalsium tersimpan di dalam tulang kita. Kaprikornus , saat kadar kalsium di dalam tubuh seseorang mengalami penurunan yang signifikan , maka kalsium akan diambil dari tulang kemudian dilarutkan dalam darah. Jika kondisi ini berlanjut dalam waktu lama , maka tulang kita menjadi keropos. Kekurangan kalsium dapat memicu persoalan kesehatan menyerupai hipertensi , kanker usus besar , obesitas , gangguan j

3 Manfaat Daun Reundeu Untuk Kesehatan Yang Luar Biasa

Daun reundeu memiliki aneka macam manfaat kesehatan yang jarang diketahui oleh banyak orang. Daun ini cocok dikonsumsi sebagai lalapan , yang tidak hilang vitamin dan nutrisinya. Bakteri pathogen yang merugikan kesehatan badan , dapat diatasi oleh daun reundeu. Bahkan , tanaman ini bisa mengobati penyakit kerikil ginjal dan sulit berkemih. Nama ilmiah dari daun reundeu yakni Staurogyne elongata , tergolong ke dalam keluarga Stauroginaceae. Daunnya berwarna hijau kekuningan dikala muda , dan hijau pucat ketika tua. Bunganya berwarna kuning , sangat mengagumkan sebagai bunga hias. Daun reundeu bersifat sedikit manis , dengan efek farmakologis salah satunya yakni diuretik. Akar tanaman ini juga sering digunakan untuk pengobatan bagi sejumlah penyakit. Khasiatnya yang luar biasa , layak dijadikan alasan untuk memasukkan tanaman ini ke dalam golongan tumbuhan herbal yang penuh manfaat. Budidaya tanaman ini dengan metode stek batang , atau penanaman bijinya. Kelembaban tanah dan pemupu

14 Manfaat Buah Amla Untuk Kesehatan Yang Luar Biasa

Kini sehat - Buah amla atau malaka memiliki manfaat untuk kecantikan dan berguna bagi pengobatan terhadap sejumlah penyakit. Hal ini tentunya disebabkan oleh adanya nutrisi penting dan zat aktif yang ada di dalamnya. Buah malaka termasuk ke dalam golongan buah berry , sehingga dalam bahasa Inggris disebut Indian gooseberry . Selain malaka , buah amla ( Phyllanthus emblica ) memiliki nama lain menyerupai ammalaki , amala , nillika , dan banyak lagi. Hmm , beberapa nama yang mengagumkan , bukan? Sekilas , jikalau anda melihat pohonnya mungkin anda menduga pohon cerme , tapi lebih besar dan berkelok-kelok. Buahnya juga sangat menyerupai dengan buah cerme , dan warnanya kuning kecoklatan. Buah malaka rasa yang getir dan masam. Kandungan buah amla Hampir setiap adegan dari tanaman malaka memiliki sifat penyembuhan terhadap sejulah penyakit. Mulai dari bunga , daun , akar , buah , dan bijinya sering digunakan dalam pengobatan ala India. Buah amla mengandung banyak tannoids dan tannin t