Langsung ke konten utama

5 Manfaat Bunga Jotang Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Bunga jotang mungkin terdengar aneh di indera pendengaran kita. Padahal , daun jotang cukup berkontribusi di dunia kesehatan , yang tidak bisa dianggap sepele. Bagaimana pun bunga jotang termasuk salah satu tanaman obat yang memiliki andil untuk mengobati beberapa jenis penyakit dan gangguan kesehatan.

5 Manfaat Bunga Jotang Bagi Kesehatan dan Kecantikan
Tanaman jotang dalam bahasa ilmiah disebut Acmella paniculata , masih tergolong keluarga Asteraceae. Orang Sunda biasanya menikmati daunnya sebagai lalapan segar , atau disantap sebagai sup. Nama lain untuk jotang termasuk gulang , gatang , legetan , dan baga. Mungkin di tempat anda punya sebutan lain untuk tanaman ini?

Bunga jotang tumbuh liar di tanah yang memiliki kelembaban udara yang cukup tinggi. Bunganya berwarna kuning dengan rasa yang pedas dan getir. Lidah akan mencicipi baal ketika mengunyah bongkol bunga jotang , serta memicu produksi air liur.

Ciri-ciri bunga jotang

Tinggi pohon jotang mencapai satu meter , tumbuh dengan baik di iklim tropis. Daunnya tumbuh subur di area sawah atau selokan. Batang pohonnya mempunyai rambut halus. Daun jotang berwarna hijau , runcing di episode ujungnya dengan tepi bergerigi. Bunga jotang mungkin pada awalnya berasal dari Amerika kemudian bijinya dibawa menuju Asia. Bunganya berwarna kuning , dengan bongkol kecil.

Kandungan bunga jotang

Tanaman jotang dilengkapi dengan beberapa vitamin menyerupai vitamin A , C , dan B1. Mineral penting yang terdapat di dalamnya menyerupai zat fosfor , kalsium , dan zat besi. Bunga jotang juga mengandung protein , karbohidrat , lemak , dan energi.


5 Manfaat Bunga Jotang Bagi Kesehatan dan Kecantikan


Di balik rasanya yang pedas dan agak pahit , ternyata jotang memiliki sejumlah manfaat untuk pengobatan. Berikut ini yaitu manfaat bunga jotang untuk mengobati beberapa jenis penyakit:

1. Melonggarkan sesak nafas

Gejala asma dapat diobati dengan cara tradisional , salah satunya menggunakan bunga jotang. Siapkan segenggam bunga dan daun jotang , 2 rimpang jahe dan temulawak. Cuci semua materi , tumbuk hingga lembut. Rebus dengan 500 ml air hingga tersisa 250 ml. Tambahkan sedikit garam dapur , minum airnya ketika hangat. Lakukan cara ini dengan rutin hingga sembuh. Baca juga: 10 Cara mengobati asma dengan materi alami dan Akupuntur!

2. Mengobati sariawan verbal


Vitamin C dalam bunga jotang ternyata efektif untuk mencegah dan mengatasi sariawan pada mulut. Rebus segenggam daun jotang atau bunganya dengan 250 ml air. Biarkan mendidih dan airnya tersisa 150 ml saja. Minum dengan teratur di pagi dan malam hari.

3. Mengatasi nyeri akhir sakit gigi

Daun jotang dapat digunakan sebagai pereda nyeri , sehingga bisa menghilangkan rasa sakit dan nyeri alasannya yaitu sakit gigi. Caranya , tumbuk daun jotang atau bunganya hingga lumat. Terapkan pada gusi yang abses atau pada lubang gigi.

4. Melenyapkan bau mulut

Orang di erat anda akan terganggu , kalau bau tak sedap keluar dari verbal anda. Dengan menyantap sup jotang setiap hari , dapat menghilangkan bau verbal yang sangat mengganggu.


Manfaat Bunga Jotang Untuk Kecantikan Kulit


5. Mengatasi bibir kering dan pecah-pecah

Kecantikan wajah akan memudar ketika bibir mengalami keretakan. Begitulah kenyataannya , wanita selalu merasa khawatir terhadap sedikit perubahan pada kulitnya. Nah , bunga jotang juga efektif untuk melembabkan kulit kering. Caranya , tumbuk bunganya dan aplikasikan pada bibir anda. Biarkan selama semalaman , basuh wajah anda pada keesokan harinya. Menarik: 14 Cara Cepat Mengatasi Bibir Pecah-pecah!

Nah , itulah manfaat bunga jotang bagi kesehatan dan kecantikan. Tidak salah , kalau anda memindahkan tanaman semak ini ke pekarangan rumah atau kebun anda. Daun jotang dapat dikonsumsi secara pribadi , atau dimakan dengan sambal. Mungkin anda menyantapnya dalam bentuk kuliner atau olahan lainnya?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Top 15 Makanan Yang Mengandung Kalsium Tinggi

Kalsium merupakan salah satu unsur penting yang dibutuhkan untuk kelangsungan hidup manusia. Kalsium digunakan oleh tubuh kita untuk membangun , menguatkan , dan menjaga struktur tulang yang sehat. Produk makanan yang mengandung kalsium dapat dikenali dengan adanya simbul "Ca" yang tertera pada kemasan. Lantas , apa saja makanan alami yang mengandung mineral ini? Kalsium memang akrab kaitannya dengan kesehatan tulang. Tubuh kita menggunakan mineral ini dalam jumlah kecil untuk menunjang fungsi organ lainnya menyerupai jantung , darah , dan saraf. Benar , sebagian besar dari kalsium tersimpan di dalam tulang kita. Kaprikornus , saat kadar kalsium di dalam tubuh seseorang mengalami penurunan yang signifikan , maka kalsium akan diambil dari tulang kemudian dilarutkan dalam darah. Jika kondisi ini berlanjut dalam waktu lama , maka tulang kita menjadi keropos. Kekurangan kalsium dapat memicu persoalan kesehatan menyerupai hipertensi , kanker usus besar , obesitas , gangguan j

3 Manfaat Daun Reundeu Untuk Kesehatan Yang Luar Biasa

Daun reundeu memiliki aneka macam manfaat kesehatan yang jarang diketahui oleh banyak orang. Daun ini cocok dikonsumsi sebagai lalapan , yang tidak hilang vitamin dan nutrisinya. Bakteri pathogen yang merugikan kesehatan badan , dapat diatasi oleh daun reundeu. Bahkan , tanaman ini bisa mengobati penyakit kerikil ginjal dan sulit berkemih. Nama ilmiah dari daun reundeu yakni Staurogyne elongata , tergolong ke dalam keluarga Stauroginaceae. Daunnya berwarna hijau kekuningan dikala muda , dan hijau pucat ketika tua. Bunganya berwarna kuning , sangat mengagumkan sebagai bunga hias. Daun reundeu bersifat sedikit manis , dengan efek farmakologis salah satunya yakni diuretik. Akar tanaman ini juga sering digunakan untuk pengobatan bagi sejumlah penyakit. Khasiatnya yang luar biasa , layak dijadikan alasan untuk memasukkan tanaman ini ke dalam golongan tumbuhan herbal yang penuh manfaat. Budidaya tanaman ini dengan metode stek batang , atau penanaman bijinya. Kelembaban tanah dan pemupu

14 Manfaat Buah Amla Untuk Kesehatan Yang Luar Biasa

Kini sehat - Buah amla atau malaka memiliki manfaat untuk kecantikan dan berguna bagi pengobatan terhadap sejumlah penyakit. Hal ini tentunya disebabkan oleh adanya nutrisi penting dan zat aktif yang ada di dalamnya. Buah malaka termasuk ke dalam golongan buah berry , sehingga dalam bahasa Inggris disebut Indian gooseberry . Selain malaka , buah amla ( Phyllanthus emblica ) memiliki nama lain menyerupai ammalaki , amala , nillika , dan banyak lagi. Hmm , beberapa nama yang mengagumkan , bukan? Sekilas , jikalau anda melihat pohonnya mungkin anda menduga pohon cerme , tapi lebih besar dan berkelok-kelok. Buahnya juga sangat menyerupai dengan buah cerme , dan warnanya kuning kecoklatan. Buah malaka rasa yang getir dan masam. Kandungan buah amla Hampir setiap adegan dari tanaman malaka memiliki sifat penyembuhan terhadap sejulah penyakit. Mulai dari bunga , daun , akar , buah , dan bijinya sering digunakan dalam pengobatan ala India. Buah amla mengandung banyak tannoids dan tannin t