Langsung ke konten utama

4 Bahaya Bunyikan Persendian Jari Dan Tulang Leher

Kini sehat - Banyak orang terbiasa menekuk jari tangan atau persendian tulang dikala mereka merasa letih dan pegal. Sebagian orang meyakini bahwa kebiasaan ini bisa menghilangkan pegal-pegal dan linu , terutama setelah acara berat. Apakah kebiasaan ini berbahaya bagi kesehatan?

4 Bahaya Membunyikan Persendian Jari Dan Tulang Leher
Membunyikan tulang sendi sering dilakukan dikala otot badan terasa kaku dan pegal. Biasanya orang melakukannya dengan memutar pinggangnya ke kiri dan kanan , juga biasa dilakukan pada tulang leher dan buku jari. Tahukah anda bahwa kebiasaan buruk ini dapat memicu risiko stroke?

Bahkan mereka yang sudah memahami kesudahannya pun masih saja melaksanakan kebiasaan ini. Apalagi bagi anda yang gres saja mengetahui bahayanya.

Menurut penelitian ilmiah , dengan membunyikan persendian tulang dapat menyebabkan keluarnya cairan sinovial sehingga timbul bunyi ibarat retakan. Gesekan otot juga dapat memicu timbulnya bunyi retakan.


4 Bahaya Bunyikan Persendian Jari Dan Tulang Leher


Anda mungkin tidak menyangka bahwa kegiatan sepele ini dapat berisiko terhadap kesehatan tubuh. Berikut ini yakni ancaman di balik bunyi persendian tulang:

1. Risiko nyeri sendi kronis

Kebiasaan membunyikan jari tangan dan sendi tulang dapat memicu risiko penyakit persendian yang menahun. Hal ini terjadi kalau kebiasaan ini dilakukan secara terus-menerus dalam jangka panjang.

2. Syaraf terjepit

Menurut mahir kesehatan dari Universitas California yaitu Dr. Brian Cazzasa M.D , dengan membunyikan sendi tulang dapat membuat saraf terjepit di antara tulang ekor leher atau sendi lain. Bahayanya terhadap kesehatan sesuai dengan jaringan saraf pada organ sebelah mana.

3. Melemahkan tulang rawan

Memaksa persendian tulang sampai berbunyi keras dapat menimbulkan tulang rawan menjadi rapuh dan rusak.

4. Otak sulit mengontrol gerakan badan


Bahaya membunyikan tulang leher dan lainnya dapat menyulitkan otak untuk mengontrol organ tubuh. Kondisi paling buruk yakni gerakan badan menjadi kaku ibarat robot.


Tips menghilangkan pegal tanpa membunyikan sendi tulang


1. Memutar otot leher secara perlahan

Untuk menghilangkan kaku pada leher , putar kepala anda ke kiri dan kanan bergantian dengan lembut dan hati-hati.

2. Gunakan shower

Untuk meredakan otot leher yang kejang , gunakan shower yang berisi air hangat di dalamnya. Semprotkan air hangat pada adegan belakang leher. Lakukan terapi ini secara teratur sampai otot leher terasa nyaman.

3. Kain hangat

Kompres leher anda dengan kain yang sebelumnya direndam dalam air hangat. Cara ini dapat dilakukan , kalau anda tidak mempunyai shower di kamar mandi.

4. Jangan tengadah atau menunduk dikala nonton TV

Saat memandang monitor TV atau komputer , pastikan posisi kepala anda tidak menekuk. Demikian pula kegiatan membaca atau menulis , hindari menekuk leher terlalu lama.

5. Hindari posisi meringkuk dikala tidur

Posisi tidur yang tidak benar pun dapat menyebabkan tulang leher terasa kaku dan kejang. Gunakan bantal yang empuk dan pastikan posisi badan anda tidak meringkuk. Hindari menghidupkan AC dengan suhu terlalu hirau taacuh , alasannya dapat membuat anda tidur dengan posisi meringkuk.

Nah , itulah 4 ancaman membunyikan persendian tulang leher dan jari tangan. Kurangi kebiasaan buruk ini secara bertahap , sampai anda berhenti sama sekali untuk melakukannya. Tanamkan dalam fikiran anda bahwa kegiatan tersebut tidak memiliki kegunaan sama sekali. Ingat selalu risiko dan ancaman yang ditimbulkan jawaban kebiasaan buruk tersebut.

Olahraga dan peregangan otot dapat anda lakukan secara teratur , untuk mencegah pegal dan linu. Gaya hidup sehat akan membuat hidup anda lebih berkualitas dan terhindar dari aneka macam jenis penyakit berbahaya. Semoga tetap sehat dan bugar. Menarik: 6 Bahaya Mencabut Alis Bagi Tubuh Sangat Mengejutkan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Top 15 Makanan Yang Mengandung Kalsium Tinggi

Kalsium merupakan salah satu unsur penting yang dibutuhkan untuk kelangsungan hidup manusia. Kalsium digunakan oleh tubuh kita untuk membangun , menguatkan , dan menjaga struktur tulang yang sehat. Produk makanan yang mengandung kalsium dapat dikenali dengan adanya simbul "Ca" yang tertera pada kemasan. Lantas , apa saja makanan alami yang mengandung mineral ini? Kalsium memang akrab kaitannya dengan kesehatan tulang. Tubuh kita menggunakan mineral ini dalam jumlah kecil untuk menunjang fungsi organ lainnya menyerupai jantung , darah , dan saraf. Benar , sebagian besar dari kalsium tersimpan di dalam tulang kita. Kaprikornus , saat kadar kalsium di dalam tubuh seseorang mengalami penurunan yang signifikan , maka kalsium akan diambil dari tulang kemudian dilarutkan dalam darah. Jika kondisi ini berlanjut dalam waktu lama , maka tulang kita menjadi keropos. Kekurangan kalsium dapat memicu persoalan kesehatan menyerupai hipertensi , kanker usus besar , obesitas , gangguan j

3 Manfaat Daun Reundeu Untuk Kesehatan Yang Luar Biasa

Daun reundeu memiliki aneka macam manfaat kesehatan yang jarang diketahui oleh banyak orang. Daun ini cocok dikonsumsi sebagai lalapan , yang tidak hilang vitamin dan nutrisinya. Bakteri pathogen yang merugikan kesehatan badan , dapat diatasi oleh daun reundeu. Bahkan , tanaman ini bisa mengobati penyakit kerikil ginjal dan sulit berkemih. Nama ilmiah dari daun reundeu yakni Staurogyne elongata , tergolong ke dalam keluarga Stauroginaceae. Daunnya berwarna hijau kekuningan dikala muda , dan hijau pucat ketika tua. Bunganya berwarna kuning , sangat mengagumkan sebagai bunga hias. Daun reundeu bersifat sedikit manis , dengan efek farmakologis salah satunya yakni diuretik. Akar tanaman ini juga sering digunakan untuk pengobatan bagi sejumlah penyakit. Khasiatnya yang luar biasa , layak dijadikan alasan untuk memasukkan tanaman ini ke dalam golongan tumbuhan herbal yang penuh manfaat. Budidaya tanaman ini dengan metode stek batang , atau penanaman bijinya. Kelembaban tanah dan pemupu

14 Manfaat Buah Amla Untuk Kesehatan Yang Luar Biasa

Kini sehat - Buah amla atau malaka memiliki manfaat untuk kecantikan dan berguna bagi pengobatan terhadap sejumlah penyakit. Hal ini tentunya disebabkan oleh adanya nutrisi penting dan zat aktif yang ada di dalamnya. Buah malaka termasuk ke dalam golongan buah berry , sehingga dalam bahasa Inggris disebut Indian gooseberry . Selain malaka , buah amla ( Phyllanthus emblica ) memiliki nama lain menyerupai ammalaki , amala , nillika , dan banyak lagi. Hmm , beberapa nama yang mengagumkan , bukan? Sekilas , jikalau anda melihat pohonnya mungkin anda menduga pohon cerme , tapi lebih besar dan berkelok-kelok. Buahnya juga sangat menyerupai dengan buah cerme , dan warnanya kuning kecoklatan. Buah malaka rasa yang getir dan masam. Kandungan buah amla Hampir setiap adegan dari tanaman malaka memiliki sifat penyembuhan terhadap sejulah penyakit. Mulai dari bunga , daun , akar , buah , dan bijinya sering digunakan dalam pengobatan ala India. Buah amla mengandung banyak tannoids dan tannin t