Langsung ke konten utama

10 Manfaat Buah Ciplukan Untuk Mengobati Penyakit

Daun ciplukan atau cecendet merupakan tanaman liar yang memiliki sederet manfaat kesehatan alasannya yaitu kaya nutrisi dan zat penting , yang efektif dalam melawan banyak sekali jenis penyakit. Penyakit berat ibarat kanker dan penyakit paru-paru dapat diobati dengan menggunakan daun dan buah ciplukan. Tumbuhan ini mudah ditemukan di ladang dan area persawahan.

10 Manfaat Ciplukan Untuk Mengobati Penyakit
Nama ilmiah untuk ciplukan yaitu Physialis angulata. Nama lain dari ciplukan ibarat kopok-kopokan , lapunonat , dan banyak lainnya. Tanaman ini banyak tumbuh di tepi sungai atau selokan. Buahnya yang matang tentu menjadi kesukaan bagi anak-anak. Buah ciplukan dibungkus oleh kelopak berbentuk ibarat jaring-jaring.

Tanaman cecendet umumnya tumbuh subur setelah padi dipanen , kalau tumbuhnya di sawah. Buah cecendet berasal dari Amerika utara , kemudian bijinya menyebar ke seluruh penjuru dunia termasuk Indonesia. Usia ciplukan dapat mencapai setahun , dengan tinggi pohon sekitar 1 meter saja.

Kandungan Ciplukan

Buah ciplukan mengandung sejumlah nutrisi penting ibarat asam sitrun , asam klorogenik , tanin , vitamin C , alkaloid , kriptoxantin , fisalin , asam malat , dan gula. Biji ciplukan mengandung asam claidic , asam steara , asam palmitat , dan protein. Daun ciplukan mengandung glikosida flavonoid , akarnya mengandung alkkaloida. Tunas tanaman menyimpan saponin.

Efek farmakologis dalam buah ciplukan termasuk analgesik , menetralkan racun (antidote) , menjaga fungsi kelenjar badan , dan sebagai pereda batuk. Dengan sifat ini maka cecendet layak dimasukkan ke dalam golongan tanaman obat.

Keunggulan ciplukan yaitu tidak ada racun pada setiap episode tanamannya , jadi aman untuk dikonsumsi dalam jangka panjang. Namun , rasa daunnya yang pahit terkadang membuat seseorang merasa enggan untuk menelannya secara langsung.


10 Manfaat Buah Ciplukan Untuk Mengobati Penyakit


Buah ciplukan memiliki sifat sejuk. Bagian tanaman yang digunakan sebagai materi obat yaitu daun , buah , dan akarnya. Nah , inilah beberapa manfaat buah cecendet atau ciplukan bagi badan kita:

1. Mencegah kanker

Buah dan daun ciplukan mengandung steroida yang efektif untuk melawan pertumbuhan sel kanker. Sebuah penelitian ilmiah mengungkapkan bahwa ekstrak ciplukan bisa mengurangi ukuran tumor. Penting: Cara mencegah kanker yang harus anda ketahui!

2. Mengobati diabetes melitus

Buah ciplukan bisa mengontrol kadar gula darah , sehingga cocok dikonsumsi bagi penderita kencing manis. Caranya , cabut tanaman cecendet beserta buahnya. Cuci dan biarkan akarnya menjadi layu , rebus bersama 3 gelas air hingga tersisa segelas. Minum dengan rutin hingga sembuh.


10 Manfaat Buah Ciplukan Untuk Mengobati Penyakit
3. Mengobati rematik

Banyak orang renta mengeluh alasannya yaitu gejala rematik. Rasa nyeri yang timbul sangat menyiksa dan mengganggu kegiatan harian. Untuk mengatasinya , cobalah obat rumahan. Caranya , rebus 10 gram buah ciplukan kering dengan 3 gelas air hingga susut 1 ½ gelas. Airnya yang cuek dapat diminum 3 kali sehari , dengan takaran ½ gelas.

4. Mencegah epilepsi

Buah ciplukan efektif untuk mengatasi penyakit ayan. Caranya , cukup makan 10 buah cecendet setiap hari. Cara ini dapat mengobati penyakit epilepsi secara berangsur.

5. Mengatasi gusi berdarah

Masalah gusi berdarah ternyata dapat diobati dengan rutin makan buah ciplukan setiap hari. Vitamin C yang berlimpah dalam buah ini juga baik untuk mencegah sariwan.

6. Mengatasi luka borok


Berbeda dari benjol , untuk mengobati luka berborok maka anda harus mengambil segenggam daun ciplukan. Cuci dengan air mengalir , tambahkan 2 sdm air kapur sirih. Tumbuk dua materi ini hingga lembut , aplikasikan pada luka di kulit.

7. Mengobati radang kulit dan bisul

Salah satu cara untuk mengobati benjol yaitu menggunakan ramuan ciplukan. Tumbuk ½ genggam daunnya , kemudian terapkan pada bisul. Jangan lupa untuk mencuci daun ini sebelum digunakan. Lakukan perawatan di pagi dan malam hari.

8. Menurunkan tekanan darah tinggi

Obati hipertensi dengan buah ciplukan. Siapkan 5 gram buahnya , rebus dengan 110 ml air selama 10 menit. Tunggu airnya menjadi cuek , minum di pagi dan sore hari hingga tekanan darah menjadi normal.

9. Mengobati sakit tenggorokan dan flu

Musim hujan rentan dengan penyakit ringan ibarat flu. Untuk mengatasi pilek dan sakit tenggorokan , siapkan tanaman cecendet dan buahnya. Cuci dengan air , kemudian potong-potong tanaman ini. Jemur di bawah sinar matahari hingga kering. Ketika akan digunakan sebagai obat flu , ambil 10 gram herba kering. Rebus hingga mendidih beberapa saat. Minum dengan teratur , 3 kali dalam sehari.

10. Mengobati bronkitis

Tanaman ciplukan sangat membantu untuk mengobati penyakit paru-paru berair atau disebut bronkitis. Cabut akar ciplukan dari dalam tanah , basuh tanaman ini dengan air yang mengalir. Rebus bersama 5 gelas air hingga mendidih selama 10 menit. Minum airnya dikala masih hangat , 3 kali dalam satu hari dengan takaran segelas.

Nah. Itulah 10 manfaat buah ciplukan untuk pengobatan penyakit. Simak juga: 17 manfaat jeruk bagi kesehatan dan kecantikan. Manfaat ciplukan lainnya termasuk sebagai obat batuk rejan , herrnia dan gondongan. Sungguh luar biasa manfaat buah cecendet , bukan sekedar tumbuhan liar saja. Jika anda ingin menanamnya , pastikan untuk menjaga kelembaban tanah. Siram dengan air bersih setiap hari , supaya dapat tumbuh di pekarangan atau pot bunga.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Top 15 Makanan Yang Mengandung Kalsium Tinggi

Kalsium merupakan salah satu unsur penting yang dibutuhkan untuk kelangsungan hidup manusia. Kalsium digunakan oleh tubuh kita untuk membangun , menguatkan , dan menjaga struktur tulang yang sehat. Produk makanan yang mengandung kalsium dapat dikenali dengan adanya simbul "Ca" yang tertera pada kemasan. Lantas , apa saja makanan alami yang mengandung mineral ini? Kalsium memang akrab kaitannya dengan kesehatan tulang. Tubuh kita menggunakan mineral ini dalam jumlah kecil untuk menunjang fungsi organ lainnya menyerupai jantung , darah , dan saraf. Benar , sebagian besar dari kalsium tersimpan di dalam tulang kita. Kaprikornus , saat kadar kalsium di dalam tubuh seseorang mengalami penurunan yang signifikan , maka kalsium akan diambil dari tulang kemudian dilarutkan dalam darah. Jika kondisi ini berlanjut dalam waktu lama , maka tulang kita menjadi keropos. Kekurangan kalsium dapat memicu persoalan kesehatan menyerupai hipertensi , kanker usus besar , obesitas , gangguan j

3 Manfaat Daun Reundeu Untuk Kesehatan Yang Luar Biasa

Daun reundeu memiliki aneka macam manfaat kesehatan yang jarang diketahui oleh banyak orang. Daun ini cocok dikonsumsi sebagai lalapan , yang tidak hilang vitamin dan nutrisinya. Bakteri pathogen yang merugikan kesehatan badan , dapat diatasi oleh daun reundeu. Bahkan , tanaman ini bisa mengobati penyakit kerikil ginjal dan sulit berkemih. Nama ilmiah dari daun reundeu yakni Staurogyne elongata , tergolong ke dalam keluarga Stauroginaceae. Daunnya berwarna hijau kekuningan dikala muda , dan hijau pucat ketika tua. Bunganya berwarna kuning , sangat mengagumkan sebagai bunga hias. Daun reundeu bersifat sedikit manis , dengan efek farmakologis salah satunya yakni diuretik. Akar tanaman ini juga sering digunakan untuk pengobatan bagi sejumlah penyakit. Khasiatnya yang luar biasa , layak dijadikan alasan untuk memasukkan tanaman ini ke dalam golongan tumbuhan herbal yang penuh manfaat. Budidaya tanaman ini dengan metode stek batang , atau penanaman bijinya. Kelembaban tanah dan pemupu

14 Manfaat Buah Amla Untuk Kesehatan Yang Luar Biasa

Kini sehat - Buah amla atau malaka memiliki manfaat untuk kecantikan dan berguna bagi pengobatan terhadap sejumlah penyakit. Hal ini tentunya disebabkan oleh adanya nutrisi penting dan zat aktif yang ada di dalamnya. Buah malaka termasuk ke dalam golongan buah berry , sehingga dalam bahasa Inggris disebut Indian gooseberry . Selain malaka , buah amla ( Phyllanthus emblica ) memiliki nama lain menyerupai ammalaki , amala , nillika , dan banyak lagi. Hmm , beberapa nama yang mengagumkan , bukan? Sekilas , jikalau anda melihat pohonnya mungkin anda menduga pohon cerme , tapi lebih besar dan berkelok-kelok. Buahnya juga sangat menyerupai dengan buah cerme , dan warnanya kuning kecoklatan. Buah malaka rasa yang getir dan masam. Kandungan buah amla Hampir setiap adegan dari tanaman malaka memiliki sifat penyembuhan terhadap sejulah penyakit. Mulai dari bunga , daun , akar , buah , dan bijinya sering digunakan dalam pengobatan ala India. Buah amla mengandung banyak tannoids dan tannin t