Langsung ke konten utama

15 Manfaat Daun Pohpohan Bagi Kesehatan Dan Kecantikan Kulit

Daun poh-pohan paling sering digunakan sebagai lalapan , terutama pada kuliner sunda. Rasanya yang khas dan aromanya yang harum , sangat cocok untuk menambah citarasa makanan. Namun , bukan itu saja manfaat daun pohpohan. Daun ini sangat kaya nutrisi sehingga memiliki kegunaan untuk mengatasi aneka macam keluhan kesehatan.

15 Manfaat Daun Pohpohan Bagi Kesehatan Dan Kecantikan Kulit
Pohpohan memiliki nama latin Pilea melastomoides atau Pilea trinervia , tergolong ke dalam famili urticaceae.

Kandungan gizi daun pohpohan sangat lengkap , termasuk kalsium , protein , karbohidrat , vitamin A , zat besi , energi , vitamin C , zat fosfor , lemak , dan vitamin B1.

Bukan hanya orang Sunda yang harusnya mempelajari perihal khasiat sayur poh-pohan , tapi semua orang sebaiknya mengetahuinya. Apa saja? Simak di bawah ini.


15 Manfaat Daun Pohpohan Bagi Kesehatan Dan Kecantikan Kulit


Tidak hanya lezat sebagai lalapan , pilea trinervia ternyata memiliki kegunaan untuk menjaga kesehatan badan serta melawan aneka macam penyakit. Nah , inilah penyakit yang dapat diobati menggunakan daun pohpohan:

1. Sakit pinggang dan kram


Daun pohpohan yang dikonsumsi sebagai lalapan ataupun dimasak , bermanfaat untuk menjaga kesehatan otot termasuk pinggang. Dengan rutin mengkonsumsi daun ini , persoalan sakit pinggang dapat teratasi.

2. Nyeri otot tulang

Kalsium diperlukan untuk pergerakan otot jantung yang normal. Kekurangan mineral ini akan mengganggu keseimbangan dan koordinasi gerakan tubuh. Gerakan badan sangat dipengaruhi oleh stimulasi otot tulang ,dimana stimulasi ini sangat membutuhkan asupan kalsium. Defisiensi kalsium akan menimbulkan nyeri pada otot tulang. Nah , daun pohpohan kaya akan kalsium , sehingga dapat menghindarkan persoalan nyeri tulang bagi seseorang yang rutin mengkonsumsinya.

3. Nyeri haid dan pra menopause

Dengan rutin makan sayur pohpohan akan mengurangi nyeri menstruasi dan sebelum menopause.

4. Osteoporosis

Kalsium juga berperan dalam pembentukan tulang yang besar lengan berkuasa , sebagai penyusun kerangka tubuh. Tiap 100 gram daun pohpohan mengandung 744 mg kalsium , jumlah yang lebih tinggi dibandingkan dengan kalsium pada bayam dan daun singkong.

Asupan kalsium yang memadai bisa mencegah pengapuran pada tulang yang sering disebut osteoporosis.

5. Tekanan darah tinggi

Mineral penting dalam sayur pohpohan ternyata berguna untuk menjaga tekanan darah tetap normal. Manfaat ini dapat diperoleh dengan mengkonsumsi daunnya secara teratur.

6. Penurunan imunitas

Defisiensi kalsium juga dapat berakibat turunnya kekebalan tubuh. Kondisi ini akan membuat badan lebih rentan terhadap serangan penyakit. Kaprikornus , tidak salah bagi mereka yang menyukai lalapan berupa daun poh-pohan.

7. Kencing manis

Sayur pohpohan berguna untuk menormalkan kembali fungsi pankreas ,sehingga baik dikonsumsi bagi penderita diabetes untuk menjaga kadar gula darah semoga tidak melonjak.

8. Kepikunan dini

Pengiriman sinyal saraf memerlukan ion kalsium , semoga berjalan dengan baik. Kekurangan asupan kalsium akan mengganggu sinyal saraf , serta dapat memicu penurunan memori. Nah , salah satu sumber kalsium yang baik ialah daun pohpohan.

9. Risiko kanker

Antioksidan dalam daun pohpohan efektif dalam menumpas radikal bebas , penyebab kanker. Antioksidan ini juga berguna untuk menetralisir racun dalam badan , serta mencegah peradangan. Senyawa flavonoida dalam pohpohan juga bersifat sebagai anti kanker. Benar-benar sayur yang menyehatkan badan , yang bisa mencegah kanker usus. Layak dipelajari: cara mencegah kanker yang harus anda ketahui

10. Gangguan jantung

Meskipun ukurannya kecil , tapi jantung punya peranan yang sangat penting bagi tubuh. Dengan adanya jantung , darah akan tersalurkan ke seluruh sel tubuh. Fungsi ini membutuhkan kontraksi otot jantung secara rutin. Nah , kalsium berperan dalam menunjukkan energi bagi ekspansi jantung. Daun pohpohan mengantongi kalsium dalam jumlah yang cukup tinggi.


Manfaat Sayur Poh-pohan Untuk Kecantikan


11. Kulit kering dan kusam

Vitamin dan mineral dalam sayur pohpohan ternyata efektif untuk menjaga kelembaban kulit , sehingga terhindar dari kulit kusam dan retak-retak.


Manfaat Daun Pohpohan lainnya


12. Mengatasi wasir
13. Mencegah reumatik
14. Menjaga kesehatan akar gigi
15. Membantu mineralisasi gigi

Nah , demikian 15 manfaat daun poh-pohan untuk kesehatan dan kecantikan. Menarik untuk dipelajari: 6 manfaat daun ceguk atau wudani untuk kesehatan. Silahkan mencoba menyertakan lalapan ini dalam makanan anda. Selain sehat , tentu saja citarasa makanan pun akan meningkat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Top 15 Makanan Yang Mengandung Kalsium Tinggi

Kalsium merupakan salah satu unsur penting yang dibutuhkan untuk kelangsungan hidup manusia. Kalsium digunakan oleh tubuh kita untuk membangun , menguatkan , dan menjaga struktur tulang yang sehat. Produk makanan yang mengandung kalsium dapat dikenali dengan adanya simbul "Ca" yang tertera pada kemasan. Lantas , apa saja makanan alami yang mengandung mineral ini? Kalsium memang akrab kaitannya dengan kesehatan tulang. Tubuh kita menggunakan mineral ini dalam jumlah kecil untuk menunjang fungsi organ lainnya menyerupai jantung , darah , dan saraf. Benar , sebagian besar dari kalsium tersimpan di dalam tulang kita. Kaprikornus , saat kadar kalsium di dalam tubuh seseorang mengalami penurunan yang signifikan , maka kalsium akan diambil dari tulang kemudian dilarutkan dalam darah. Jika kondisi ini berlanjut dalam waktu lama , maka tulang kita menjadi keropos. Kekurangan kalsium dapat memicu persoalan kesehatan menyerupai hipertensi , kanker usus besar , obesitas , gangguan j

3 Manfaat Daun Reundeu Untuk Kesehatan Yang Luar Biasa

Daun reundeu memiliki aneka macam manfaat kesehatan yang jarang diketahui oleh banyak orang. Daun ini cocok dikonsumsi sebagai lalapan , yang tidak hilang vitamin dan nutrisinya. Bakteri pathogen yang merugikan kesehatan badan , dapat diatasi oleh daun reundeu. Bahkan , tanaman ini bisa mengobati penyakit kerikil ginjal dan sulit berkemih. Nama ilmiah dari daun reundeu yakni Staurogyne elongata , tergolong ke dalam keluarga Stauroginaceae. Daunnya berwarna hijau kekuningan dikala muda , dan hijau pucat ketika tua. Bunganya berwarna kuning , sangat mengagumkan sebagai bunga hias. Daun reundeu bersifat sedikit manis , dengan efek farmakologis salah satunya yakni diuretik. Akar tanaman ini juga sering digunakan untuk pengobatan bagi sejumlah penyakit. Khasiatnya yang luar biasa , layak dijadikan alasan untuk memasukkan tanaman ini ke dalam golongan tumbuhan herbal yang penuh manfaat. Budidaya tanaman ini dengan metode stek batang , atau penanaman bijinya. Kelembaban tanah dan pemupu

14 Manfaat Buah Amla Untuk Kesehatan Yang Luar Biasa

Kini sehat - Buah amla atau malaka memiliki manfaat untuk kecantikan dan berguna bagi pengobatan terhadap sejumlah penyakit. Hal ini tentunya disebabkan oleh adanya nutrisi penting dan zat aktif yang ada di dalamnya. Buah malaka termasuk ke dalam golongan buah berry , sehingga dalam bahasa Inggris disebut Indian gooseberry . Selain malaka , buah amla ( Phyllanthus emblica ) memiliki nama lain menyerupai ammalaki , amala , nillika , dan banyak lagi. Hmm , beberapa nama yang mengagumkan , bukan? Sekilas , jikalau anda melihat pohonnya mungkin anda menduga pohon cerme , tapi lebih besar dan berkelok-kelok. Buahnya juga sangat menyerupai dengan buah cerme , dan warnanya kuning kecoklatan. Buah malaka rasa yang getir dan masam. Kandungan buah amla Hampir setiap adegan dari tanaman malaka memiliki sifat penyembuhan terhadap sejulah penyakit. Mulai dari bunga , daun , akar , buah , dan bijinya sering digunakan dalam pengobatan ala India. Buah amla mengandung banyak tannoids dan tannin t