Langsung ke konten utama

7 Manfaat Daun Awar-awar Untuk Mengobati Penyakit Berat dan Ringan

Awar-awar merupakan tanaman liar yang memiliki beberapa manfaat kesehatan , disebabkan adanya zat kimia di dalam daun , buah dan akarnya. Tanaman ini mungkin masih absurd terdengar di indera pendengaran kita , namun manfaat daun awar-awar untuk pengobatan telah terbukti secara empiris.

7 Manfaat Daun Awar-awar Untuk Mengobati Penyakit Berat dan Ringan
Anda dapat menjumpai tanaman awar-awar di area pedesaan atau hutan terbuka. Namun , tidak menutup kemungkinan bagi anda untuk menanamnya di kebun dengan kelembaban tanah yang cukup. Banyak dari orang jawa meyakini bahwa daun awar-awar yang tumbuh subur di suatu daerah , menyampaikan adanya sumber air yang sangat besar di bawahnya.

Ciri-ciri tanaman awar-awar

Pohon awar-awar secara umum menyerupai semak lainnya. Nama ilmiah untuk awar-awar yakni Ficus septicum/ Ficus septica. Tanaman ini dapat tumbuh dengan baik pada dataran tinggi maupun rendah , dengan tinggi pohon mencapai 1 ,5 meter.

Bunga awar-awar mekar setiap Desember dan Januari , yang dilindungi oleh daun berwarna hijau dan abu-abu. Buah awar-awar berukuran kecil dengan warna hijau. Ciri khas awar-awar yakni pohonnya yang bengkok , berongga , dan mengandung getah bening.

Kandungan daun awar-awar

Beberapa senyawa kimia yang terdapat di dalam daun awar-awar menyerupai kumarin , fenolik , pirimidin , tiloporin , saponin triterpenoid , senyawa alkaaloida , dll. Akarnya mengandung beta sitosterol dan stigmasterol.Batangnya mengandung tylocrebin dan fenantroindolisidin.


7 Manfaat Daun Awar-awar Untuk Mengobati Penyakit Berat dan Ringan


Anda dapat menggunakan daun atau akar awar-awar untuk mengatasi beberapa duduk perkara kesehatan. Berikut ini yakni manfaat daun awar-awar untuk mengobati penyakit ringan hingga berat:

1. Membantu untuk mengobati radang usus buntu

Peradangan pada usus buntu dapat dikurangi dengan konsumsi air rebusan daun awar-awar. Minum airnya dengan teratur setiap hari , untuk meringankan gangguan kesehatan ini.

2. Mengobati rematik , herpes , dan sakit kepala


Tumbuk daun awar-awar hingga menghasilkan pasta. Oleskan pasta ini pada lipatan kulit yang terserang herpes , atau pada adegan badan yang nyeri karena rematik. Untuk mengobati sakit kepala , oleskan pasta awar-awar pada adegan samping dari kepala anda.

3. Mengatasi sembelit

Manfaat daun awar-awar memang luar biasa. Tanaman ini dapat digunakan sebagai obat pencahar untuk mengobati sembelit. Tentunya , tidak ada efek samping dari penggunaan materi alami ini.

4. Mengobati bisul dan kulit gatal

Kedua penyakit kulit ini tentu sangat mengganggu rutinitas anda. Nah , atasi duduk perkara ini dengan daun awar-awar. Caranya , ambil 5 gram daun awar-awar segar. Panaskan dengan api kecil hingga daun menjadi layu , kemudian tumbuk hingga lumat. Terapkan pada bisul atau kulit yang terasa gatal di pagi dan malam hari. Lakukan cara ini dengan rutin hingga sembuh.

5. Menghilangkan mual

Untuk mengobati mual , anda dapat menggunakan cara alami. Mudah saja , rebus akar dan daun awar-awar bersama air secukupnya hingga mendidih selama beberapa saat. Saring , minum airnya selagi hangat.

6. Menangkal racun jawaban gigitan ular

Daun awar-awar yakni materi alami yang sering digunakan sebagai obat tradisional , yang bisa melawan racun dari gigitan ular tertentu. Caranya , tumbuk daunnya hingga lembut dan balurkan pada adegan badan yang digigit oleh ular beracun. Langkah ini yakni dukungan awal. Untuk perawatan intensif , segera kunjungi dokter atau rumah sakit terdekat.

7. Meredakan bengkak

Di luar dugaan , ternyata getah pohon awar-awar efektif untuk mengobati pembengkakan. Oleskan getahnya pada adegan badan yang bisul , biarkan kering dengan sendirinya. Lakukan cara ini dengan rutin hingga sembuh.

Nah , itulah 7 manfaat daun awar-awar untuk mengobati penyakit berat dan ringan. Seringkali pohon awar-awar dihinggapi oleh ulat. Kaprikornus , tanam pohonnya agak jauh dari rumah anda. Simak juga: Manfaat daun binahong untuk mengobati penyakit berat! Pastinya , kini anda lebih sehat dengan tanaman ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Top 15 Makanan Yang Mengandung Kalsium Tinggi

Kalsium merupakan salah satu unsur penting yang dibutuhkan untuk kelangsungan hidup manusia. Kalsium digunakan oleh tubuh kita untuk membangun , menguatkan , dan menjaga struktur tulang yang sehat. Produk makanan yang mengandung kalsium dapat dikenali dengan adanya simbul "Ca" yang tertera pada kemasan. Lantas , apa saja makanan alami yang mengandung mineral ini? Kalsium memang akrab kaitannya dengan kesehatan tulang. Tubuh kita menggunakan mineral ini dalam jumlah kecil untuk menunjang fungsi organ lainnya menyerupai jantung , darah , dan saraf. Benar , sebagian besar dari kalsium tersimpan di dalam tulang kita. Kaprikornus , saat kadar kalsium di dalam tubuh seseorang mengalami penurunan yang signifikan , maka kalsium akan diambil dari tulang kemudian dilarutkan dalam darah. Jika kondisi ini berlanjut dalam waktu lama , maka tulang kita menjadi keropos. Kekurangan kalsium dapat memicu persoalan kesehatan menyerupai hipertensi , kanker usus besar , obesitas , gangguan j

3 Manfaat Daun Reundeu Untuk Kesehatan Yang Luar Biasa

Daun reundeu memiliki aneka macam manfaat kesehatan yang jarang diketahui oleh banyak orang. Daun ini cocok dikonsumsi sebagai lalapan , yang tidak hilang vitamin dan nutrisinya. Bakteri pathogen yang merugikan kesehatan badan , dapat diatasi oleh daun reundeu. Bahkan , tanaman ini bisa mengobati penyakit kerikil ginjal dan sulit berkemih. Nama ilmiah dari daun reundeu yakni Staurogyne elongata , tergolong ke dalam keluarga Stauroginaceae. Daunnya berwarna hijau kekuningan dikala muda , dan hijau pucat ketika tua. Bunganya berwarna kuning , sangat mengagumkan sebagai bunga hias. Daun reundeu bersifat sedikit manis , dengan efek farmakologis salah satunya yakni diuretik. Akar tanaman ini juga sering digunakan untuk pengobatan bagi sejumlah penyakit. Khasiatnya yang luar biasa , layak dijadikan alasan untuk memasukkan tanaman ini ke dalam golongan tumbuhan herbal yang penuh manfaat. Budidaya tanaman ini dengan metode stek batang , atau penanaman bijinya. Kelembaban tanah dan pemupu

14 Manfaat Buah Amla Untuk Kesehatan Yang Luar Biasa

Kini sehat - Buah amla atau malaka memiliki manfaat untuk kecantikan dan berguna bagi pengobatan terhadap sejumlah penyakit. Hal ini tentunya disebabkan oleh adanya nutrisi penting dan zat aktif yang ada di dalamnya. Buah malaka termasuk ke dalam golongan buah berry , sehingga dalam bahasa Inggris disebut Indian gooseberry . Selain malaka , buah amla ( Phyllanthus emblica ) memiliki nama lain menyerupai ammalaki , amala , nillika , dan banyak lagi. Hmm , beberapa nama yang mengagumkan , bukan? Sekilas , jikalau anda melihat pohonnya mungkin anda menduga pohon cerme , tapi lebih besar dan berkelok-kelok. Buahnya juga sangat menyerupai dengan buah cerme , dan warnanya kuning kecoklatan. Buah malaka rasa yang getir dan masam. Kandungan buah amla Hampir setiap adegan dari tanaman malaka memiliki sifat penyembuhan terhadap sejulah penyakit. Mulai dari bunga , daun , akar , buah , dan bijinya sering digunakan dalam pengobatan ala India. Buah amla mengandung banyak tannoids dan tannin t