Langsung ke konten utama

10 Cara Mengobati Aterosklerosis Secara Alami

Aterosklerosis yaitu kondisi dimana dinding arteri menjadi keras , tebal , dan kaku. Aterosklerosis disebabkan oleh plak yang menyumbat dalam pembuluh darah. Plak ini terbentuk dari sel-sel mati , kolesterol , kalsium , trigliserida , dan limbah lainnya. Pembuluh darah atau arteri yang terserang oleh aterosklerosis akan menjadi sempit , dan tentunya akan menyebabkan penyakit berat.

10 Cara Mengobati Aterosklerosis Secara Alami
Nah , kalau lapisan plak ini menumpuk di arteri yang menuju otak , maka dapat menyebabkan stroke. Jika aterosklerosis timbul pada arteri koroner , maka dapat memicu serangan jantung.

Bagaimana reaksi tubuh terhadap gangguan kesehatan ini?

Di dalam tubuh kita terdapat sel-sel darah putih (leukosit). Sel darah putih merupakan adegan dari sistem imunitas yang berkhasiat untuk melawan abses dalam tubuh kita. Sayangnya , leukosit menanggapi aterosklerosis sebagai kondisi yang harus diperbaiki tapi justru menyebabkan penyumbatan makin parah. Sehingga arteri makin sempit dan membuat kerja jantung makin berat.

Jantung yang bekerja keras untuk memompa darah dapat memicu hipertensi , sehingga sistem kardiovaskular mengalami stres. Makara aterosklerosis dapat memicu risiko stroke dan serangan jantung.


10 Cara Mengobati Aterosklerosis Secara Alami


Untuk mengatasi aterosklerosis , ada beberapa cara alami yang dapat dilakukan. Kadar trigliserida di dalam tubuh dapat dikurangi dengan mengubah contoh makan dan gaya hidup. Sehingga peradangan pada sistem kardiovaskular dapat dicegah , dan pengerasan arteri pun dapat dihindari. Berikut ini yaitu beberapa cara untuk mencegah aterosklerosis secara alami:

1. Tambahkan salmon ke menu harian anda


Ikan salmon mengandung asam lemak omega-3 yang berkhasiat untuk mencegah aterosklerosis. Salmon juga dilengkapi dengan kalium , selenium , asam pantotenat , fosfor , dan kolin. Kalium berperan untuk mengurangi ketegangan pada pembuluh darah sehingga menenangkan sistem kardiovaskular. Mineral penting dalam salmon bisa mengontrol tekanan darah , dan mencegah penyakit jantung koroner.

2. Jauhi minuman bersoda

Minuman yang mengandung soda akan menyebabkan aterosklerosis makin parah. Minuman bersoda tidak baik untuk kesehatan jantung anda. Cukupi kebutuhan minum dengan mengkonsumsi air putih sesuai berat tubuh dan rutinitas harian anda. Air putih juga membantu untuk mengurangi kadar kolesterol jahat di dalam tubuh kita.

3. Perbanyak konsumsi bawang

Untuk mengurangi kadar trigliserida , anda perlu untuk mengkonsumsi bawang dengan rutin. Senyawa alicin terdapat di dalam bawang putih , merah , dan bawang bombay. Nah , senyawa ini bisa menurunkan kadar kolesterol buruk di dalam tubuh.

4. Sering makan pisang dan kacang-kacangan

Kalium tidak hanya terdapat di dalam buah pisang , tapi mineral ini juga banyak ditemukan pada kacang-kacangan. Bahkan , kalium dalam kacang buncis lebih tinggi dibandingkan dengan pisang. Mineral ini berkhasiat untuk melebarkan pembuluh darah dan mengurangi ketegangan pada sistem kardiovaskular , yang pada jadinya dapat mencegah tekanan darah melonjak.

5. Perbanyak konsumsi minyak ikan

Minyak ikan diperkaya dengan omega-3 , salah satu bentuk dari kolesterol baik. Nah , kadar kolesterol yang seimbang akan menguntungkan sistem kardiovaskular dan mencegah penumpukan kolesterol buruk dalam arteri atau pembuluh darah.

6. Jauhi makanan siap saji

Untuk mencegah peningkatan kadar lemak jenuh , jangan mengkonsumsi makanan siap saji terlalu sering. Makanan ini umumnya banyak mengandung lemak terhidrogenasi yang membuat kondisi aterosklerosis makin parah.

7. Hindari daging merah

Penderita aterosklerosis harus menjauhi daging merah , yang dapat meningkatkan kadar trigliserida karena kandungan lemak di dalamnya.

8. Perbanyak makan bayam

Sayuran terbaik untuk mencegah risiko aterosklerosis yaitu bayam. Sayur ini bisa menghambat enzim angiotensin , sehingga dapat menjaga tekanan darah tetap normal. Bayam juga diperkaya dengan mineral penting menyerupai mangan , selenium , dan betakaroten yang efektif untuk mengurangi penyumbatan pada arteri. Bayam juga memiliki sifat anti-inflamasi , yang meredakan peradangan pada pembuluh darah.

9. Olahraga teratur

Selain berkhasiat untuk menjaga kesehatan jantung , olahraga efektif untuk mencegah penumpukan lemak jahat dalam tubuh. Dengan olahraga teratur , maka sirkulasi darah menjadi lancar. Manfaat olahraga termasuk untuk meningkatkan metabolisme dalam tubuh , sehingga lemak jenuh dapat dibakar menjadi energi.

10. Minum Teh Gynosaponins

Daun gynosaponins (Gynostemma Pentaphyllum) memiliki efek farmakologis menyerupai pemacu metabolisme kolesterol dalam darah , dan menekan pembentukan asam lemak. Sehingga mencegah risiko terkena penyakit jantung koroner. Daun ini juga mengandung lesitin nabati , yang bisa mencegah aterosklerosis dan hiperlipidemia dengan cara memperbaiki perembesan kolesterol dalam darah.

Nah itulah 10 cara mengobati aterosklerosis secara alami tanpa obat-obatan. Tinggalkan gaya hidup yang tidak sehat , dan mulai jalani contoh hidup sehat. Karena , semua penyakit dapat timbul sebagai jawaban contoh makan yang salah dan kurangnya berolahraga. Simak juga: 3 Cara mengobati penyakit jantung secara alami. Semoga artikel ini dapat membantu anda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Top 15 Makanan Yang Mengandung Kalsium Tinggi

Kalsium merupakan salah satu unsur penting yang dibutuhkan untuk kelangsungan hidup manusia. Kalsium digunakan oleh tubuh kita untuk membangun , menguatkan , dan menjaga struktur tulang yang sehat. Produk makanan yang mengandung kalsium dapat dikenali dengan adanya simbul "Ca" yang tertera pada kemasan. Lantas , apa saja makanan alami yang mengandung mineral ini? Kalsium memang akrab kaitannya dengan kesehatan tulang. Tubuh kita menggunakan mineral ini dalam jumlah kecil untuk menunjang fungsi organ lainnya menyerupai jantung , darah , dan saraf. Benar , sebagian besar dari kalsium tersimpan di dalam tulang kita. Kaprikornus , saat kadar kalsium di dalam tubuh seseorang mengalami penurunan yang signifikan , maka kalsium akan diambil dari tulang kemudian dilarutkan dalam darah. Jika kondisi ini berlanjut dalam waktu lama , maka tulang kita menjadi keropos. Kekurangan kalsium dapat memicu persoalan kesehatan menyerupai hipertensi , kanker usus besar , obesitas , gangguan j

3 Manfaat Daun Reundeu Untuk Kesehatan Yang Luar Biasa

Daun reundeu memiliki aneka macam manfaat kesehatan yang jarang diketahui oleh banyak orang. Daun ini cocok dikonsumsi sebagai lalapan , yang tidak hilang vitamin dan nutrisinya. Bakteri pathogen yang merugikan kesehatan badan , dapat diatasi oleh daun reundeu. Bahkan , tanaman ini bisa mengobati penyakit kerikil ginjal dan sulit berkemih. Nama ilmiah dari daun reundeu yakni Staurogyne elongata , tergolong ke dalam keluarga Stauroginaceae. Daunnya berwarna hijau kekuningan dikala muda , dan hijau pucat ketika tua. Bunganya berwarna kuning , sangat mengagumkan sebagai bunga hias. Daun reundeu bersifat sedikit manis , dengan efek farmakologis salah satunya yakni diuretik. Akar tanaman ini juga sering digunakan untuk pengobatan bagi sejumlah penyakit. Khasiatnya yang luar biasa , layak dijadikan alasan untuk memasukkan tanaman ini ke dalam golongan tumbuhan herbal yang penuh manfaat. Budidaya tanaman ini dengan metode stek batang , atau penanaman bijinya. Kelembaban tanah dan pemupu

14 Manfaat Buah Amla Untuk Kesehatan Yang Luar Biasa

Kini sehat - Buah amla atau malaka memiliki manfaat untuk kecantikan dan berguna bagi pengobatan terhadap sejumlah penyakit. Hal ini tentunya disebabkan oleh adanya nutrisi penting dan zat aktif yang ada di dalamnya. Buah malaka termasuk ke dalam golongan buah berry , sehingga dalam bahasa Inggris disebut Indian gooseberry . Selain malaka , buah amla ( Phyllanthus emblica ) memiliki nama lain menyerupai ammalaki , amala , nillika , dan banyak lagi. Hmm , beberapa nama yang mengagumkan , bukan? Sekilas , jikalau anda melihat pohonnya mungkin anda menduga pohon cerme , tapi lebih besar dan berkelok-kelok. Buahnya juga sangat menyerupai dengan buah cerme , dan warnanya kuning kecoklatan. Buah malaka rasa yang getir dan masam. Kandungan buah amla Hampir setiap adegan dari tanaman malaka memiliki sifat penyembuhan terhadap sejulah penyakit. Mulai dari bunga , daun , akar , buah , dan bijinya sering digunakan dalam pengobatan ala India. Buah amla mengandung banyak tannoids dan tannin t