Langsung ke konten utama

10 Manfaat Bunga Tasbih Untuk Pengobatan dan Kecantikan

Kini sehat - Bunga tasbih sering juga disebut bunga kana memiliki sejumlah manfaat kecantikan , termasuk untuk menghilangkan jerawat. Lebih dari sekedar tanaman hias , bunga tasbih juga dapat digunakan untuk mengatasi beberapa gangguan kesehatan menyerupai wasir , hepatitis , keputihan , penyakit kuning , vertigo , haid terlalu banyak (metrorrhagia) , dan lainnya. Manfaat ini terkait efek farmakologis yang terkandung di dalam daun , akar , dan bunganya.

10 Manfaat Bunga Tasbih Untuk Pengobatan dan Kecantikan
Bunga kana memiliki beberapa varietas menyerupai Canna indica L , Canna edulis Ker.Gawl , dll. Bunga tasbih dapat tumbuh dengan baik pada ketinggian sekitar 1 km di atas permukaan air laut. Tanaman yang masih keluarga kana yakni ganyong , bedanya pada kelopak bunga ganyong lebih kecil.

Bunga kana memiliki variasi warna menyerupai merah , kuning , dan putih. Daunnya lebar , besar , dengan bentuk menyirip. Umbi tanaman ini dapat dikonsumsi dengan aman. Di Australia , umbi kana diolah menjadi tepung yang disebut "arrow-root of queensland".

Kandungan nutrisi dalam bunga tasbih

Berbagai zat penting yang terdapat di dalam bunga tasbih menyerupai pati , fenol , glukosa , coumarin , alkaloid , lemak , terpene , dan getah. Zat tersebut terutama banyak ditemukan dalam rimpangnya. Bunganya memiliki efek pendingin (antipiretik) , penyejuk , sedatif , dan anti-hipertensi (hipotensif).


10 Manfaat Bunga Tasbih Untuk Pengobatan dan Kecantikan


Untuk mengobati beberapa jenis penyakit , adegan tanaman yang sering digunakan yakni rimpang , biji , daun , dan bunganya. Berikut ini yakni manfaat bunga tasbih dan cara membuat ramuan untuk pengobatan:

1. Mengatasi keputihan (leucorrhoea)


Bagi wanita , persoalan keputihan tentu menyebabakan rasa tidak nyaman dan sangat mengganggu. Bau yang tidak sedap , dan rasa nyeri yang kadang menyiksa. Untuk mengatasi gangguan kesehatan ini , ada dua cara. Pertama , rebus 25 gram rimpang bunga tasbih dan 25 gram kulit buah delima yang dikeringkan ke dalam 600 ml air. Biarkan airnya mendidih dan tersisa 300 ml saja. Setelah cuek , saring dan minum airnya.

Cara kedua , sediakan rimpang bunga kana yang telah kering , daging ayam yang diiris-iris , dan beras ketan. Masing-masing materi sebanyak 30 gram. Rendam semua materi setelah dicuci sebelumnya , ke dalam mangkok. Olah dengan cara penguapan , materi dapat dikonsumsi setelah masak. Lakukan pengobatan dengan cara ini , hingga gejala hilang.

2. Mengatasi haid berlebih (metrorrhagia) dan batuk darah

Bunga kana memiliki efek haemostatic , sehingga dapat digunakan untuk menghentikan pendarahan pada haid berlebih dan batuk berdarah. Cara membuat ramuan , rebus 15 gram bunga kana kering dan 60 gram rimpang teratai ke dalam 2 gelas air hingga airnya tersisa segelas saja. Biarkan airnya cuek , minum dengan segera hingga air habis. Lakukan cara ini di pagi dan malam hari , hingga sembuh. Pelajari: 7 Cara mengatasi nyeri haid secara alami

3. Mengobati sakit kuning (acute icteric hepatitis)

Untuk mengobati sakit kuning , gunakan ramuan tradisional yang cukup terkenal. Caranya , siapkan 35 gram daun serut dan 70 gram akar bunga kana. Rebus keduanya bersama  3 gelas air hingga airnya tersisa 1 ½ gelas saja. Saring dan minum airnya di pagi dan malam hari , masing-masing ¾ gelas. Tentu saja ketika air telah menjadi dingin. Lakukan pengobatan dengan rutin selama 20-47 hari. Setelah pengobatan selama seminggu biasanya warna bola mata yang menguning , akan pudar secara berangsur-angsur.

4. Mengatasi pembengkakan kelenjar limpa

Untuk memulihkan kelenjar limpa yang bisul , buatlah ramuan alami. Rebus 1 ons daging sapi dan 60 gram umbi bunga kana ke dalam seliter air. Biarkan mendidih dan airnya tersisa 300 ml saja. Minum airnya setelah agak cuek , makan dagingnya.

5. Mengobati wasir / ambein (hemorrhoids)

Penyakit wasir disebabkan oleh sembelit yang berkepanjangan , jawaban kekurangan serat. Untuk mengatasinya , anda harus mencukupi kebutuhan serat setiap harinya. Untuk mengobati sembelit dan wasir dapat digunakan akar bunga tasbih.

Caranya , ambil 60 gram umbi bunga tasbih kemudian diiris-iris tipis. Rebus bersama 3 gelas air hingga tersisa segelas. Setelah air menjadi cuek , saring dan minum 2 kali sehari masing-masing ½ gelas.


10 Manfaat Bunga Tasbih Untuk Pengobatan dan Kecantikan
6. Membantu untuk mengobati kanker kandungan

Cara membuat ramuan tidaklah sulit. Sediakan 60 gram rumput mutiara , 60 gram rimpang bunga kana , dan 50 gram sambiloto. Rebus semuanya dengan 700 ml air hingga berkurang 400 ml. Minum airnya setelah agak hangat dan disaring , dua kali dalam sehari.

7. Menenangkan otot yang keseleo

Haluskan rimpang bunga kana , tambahkan tepung terigu yang digoreng tanpa minyak hingga warnanya kuning. Campur kedua materi dengan sedikit air , balurkan pada adegan yang bermasalah.


Manfaat Bunga Tasbih Untuk Kecantikan


8-10. Mengobati jerawat

Tumbuk akar tanaman tasbih yang masih segar sebanyak 50 gram , terapkan pada area kulit yang bermasalah. Lakukan perawatan setiap hari. Cara ini juga berkhasiat untuk mengatasi radang kulit bernanah , dan luka berdarah. Pelajari juga: 5 cara cepat menghilangkan Jerawat secara alami!

Nah , itulah 10 manfaat bunga tasbih untuk pengobatan dan cara membuat ramuannya. Anda dapat menanam bunga ini dengan menyemaikan bijinya , sehingga halaman rumah menjadi cantik dan mudah untuk menerima khasiat bunga ini. Mungkin anda belum perbah melihat bunganya?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Top 15 Makanan Yang Mengandung Kalsium Tinggi

Kalsium merupakan salah satu unsur penting yang dibutuhkan untuk kelangsungan hidup manusia. Kalsium digunakan oleh tubuh kita untuk membangun , menguatkan , dan menjaga struktur tulang yang sehat. Produk makanan yang mengandung kalsium dapat dikenali dengan adanya simbul "Ca" yang tertera pada kemasan. Lantas , apa saja makanan alami yang mengandung mineral ini? Kalsium memang akrab kaitannya dengan kesehatan tulang. Tubuh kita menggunakan mineral ini dalam jumlah kecil untuk menunjang fungsi organ lainnya menyerupai jantung , darah , dan saraf. Benar , sebagian besar dari kalsium tersimpan di dalam tulang kita. Kaprikornus , saat kadar kalsium di dalam tubuh seseorang mengalami penurunan yang signifikan , maka kalsium akan diambil dari tulang kemudian dilarutkan dalam darah. Jika kondisi ini berlanjut dalam waktu lama , maka tulang kita menjadi keropos. Kekurangan kalsium dapat memicu persoalan kesehatan menyerupai hipertensi , kanker usus besar , obesitas , gangguan j

3 Manfaat Daun Reundeu Untuk Kesehatan Yang Luar Biasa

Daun reundeu memiliki aneka macam manfaat kesehatan yang jarang diketahui oleh banyak orang. Daun ini cocok dikonsumsi sebagai lalapan , yang tidak hilang vitamin dan nutrisinya. Bakteri pathogen yang merugikan kesehatan badan , dapat diatasi oleh daun reundeu. Bahkan , tanaman ini bisa mengobati penyakit kerikil ginjal dan sulit berkemih. Nama ilmiah dari daun reundeu yakni Staurogyne elongata , tergolong ke dalam keluarga Stauroginaceae. Daunnya berwarna hijau kekuningan dikala muda , dan hijau pucat ketika tua. Bunganya berwarna kuning , sangat mengagumkan sebagai bunga hias. Daun reundeu bersifat sedikit manis , dengan efek farmakologis salah satunya yakni diuretik. Akar tanaman ini juga sering digunakan untuk pengobatan bagi sejumlah penyakit. Khasiatnya yang luar biasa , layak dijadikan alasan untuk memasukkan tanaman ini ke dalam golongan tumbuhan herbal yang penuh manfaat. Budidaya tanaman ini dengan metode stek batang , atau penanaman bijinya. Kelembaban tanah dan pemupu

14 Manfaat Buah Amla Untuk Kesehatan Yang Luar Biasa

Kini sehat - Buah amla atau malaka memiliki manfaat untuk kecantikan dan berguna bagi pengobatan terhadap sejumlah penyakit. Hal ini tentunya disebabkan oleh adanya nutrisi penting dan zat aktif yang ada di dalamnya. Buah malaka termasuk ke dalam golongan buah berry , sehingga dalam bahasa Inggris disebut Indian gooseberry . Selain malaka , buah amla ( Phyllanthus emblica ) memiliki nama lain menyerupai ammalaki , amala , nillika , dan banyak lagi. Hmm , beberapa nama yang mengagumkan , bukan? Sekilas , jikalau anda melihat pohonnya mungkin anda menduga pohon cerme , tapi lebih besar dan berkelok-kelok. Buahnya juga sangat menyerupai dengan buah cerme , dan warnanya kuning kecoklatan. Buah malaka rasa yang getir dan masam. Kandungan buah amla Hampir setiap adegan dari tanaman malaka memiliki sifat penyembuhan terhadap sejulah penyakit. Mulai dari bunga , daun , akar , buah , dan bijinya sering digunakan dalam pengobatan ala India. Buah amla mengandung banyak tannoids dan tannin t