Langsung ke konten utama

12 Cara Mengobati Beri-beri Secara Alami dan Tradisional

Kini sehat - Beri-beri merupakan salah satu penyakit berbahaya , yang harus ditangani dengan tepat. Tindakan yang tidak efektif atau penanganan yang tidak sempurna , berbahaya bagi penderita dan membuat penyakit makin parah. Penderita beri-beri memiliki gaya berjalan yang menyerupai dengan biri-biri. Cara berjalan kaki yang tidak normal ini disebabkan oleh gangguan motorik. Gangguan ini akhir polyneuritis , ialah degenerasi atau peradangan pada banyak syaraf perifer.

12 Cara Mengobati Beri-beri Secara Alami dan Tradisional
Penyebab Beri-beri

Beri-beri merupakan penyakit akhir defisiensi vitamin B1 , atau terganggunya peresapan tiamin di dalam tubuh. Kini , kasus beri-beri yang banyak terjadi , disebabkan karena tubuh tidak bisa menggunakan vitamin B1. Kondisi ini dipicu oleh diet yang salah , konsumsi obat diuretik pada jangka panjang atau dosis tinggi , atau kelainan herediter.

Gejala beri-beri

Beri-beri kering menyerang sistem saraf , yang umumnya mengakibatkan gejala menyerupai kesemutan , sulit berjalan , daya ingat menurun , kebingungan , sering mengalami halusinasi , otot lelah , kelumpuhan , gangguan bicara , sesak nafas , jantung sering berdebar-debar , dan gerakan mata yang tidak terkontrol.

Beri-beri lembap menyerang sistem kardiovaskular , ditandai dengan peradangan pada beberapa adegan tubuh. Ada cairan di dalam adegan tubuh yang bisul tersebut , dan jikalau ditekan akan meninggalkan bekas tekanan yang butuh waktu lama untuk kembali ke bentuk semula. Tentu saja penderita akan mencicipi sakit , jikalau adegan tubuh tersebut ditekan.


12 Cara Mengobati Beri-beri Secara Alami dan Tradisional


Jika berat tubuh anda anjlok secara tiba-tiba atau salah satu dari gejala di atas terjadi pada diri anda , segera konsultasi dengan dokter untuk menerima penanganan yang terbaik. Pengobatan medis biasanya dilakukan dengan sumbangan pelengkap tiamin kepada pasien beri-beri. Jika tindakan ini dilakukan dengan cepat , maka dapat menghilangkan gejala beri-beri. Pengobatan yang terlambat dapat berisiko komplikasi yang serius akhir penyakit ini.

Komplikasi beri-beri yang sering terjadi menyerupai hilangnya mobilitas , jantung tidak bisa memompa darah dengan optimal (gagal jantung kongestif) , hilangnya ingatan , kebingungan , psikosis , koma , dll.

Nah , untuk mengobati gejala beri-beri secara tradisional dapat menggunakan sejumlah materi alami di bawah ini:

1. Daun kesumba keling


Ambil 5 gram daun kesumba keling , rebus bersama 3 gelas hingga airnya menyusut segelas. Saring setelah airnya menjadi hambar , minum 2 kali sehari.

2. Daun sangitan

Rebus 30 gram tanaman sangitan kering , termasuk akarnya ke dalam 3 gelas air. Setelah airnya berkurang dua gelas , angkat dan saring. Minum airnya setelah menjadi hambar , setiap hari.

3. Ketumbar dan kunyit

Ambil 7 biji ketumbar , selembar daun pangi renta , 5 gram kulit batang pangi , dan 30 gr kunyit. Tumbuk semua materi , oleskan pada adegan tubuh yang bengkak.

4. Pulai dan bawang merah

Sediakan 2 jari kulit pohon kamboja , 1 jari kulit pulai , 1 jari kulit kacang kayu laut , 2 siung bawang merah , 1 jari pulosari , 1 sdt adas , dan gula aren secukupnya. Rebus semua materi ke dalam 5 gelas air , hingga airnya berkurang setengah dari semula. Minum 3 kali dalam sehari , masing-masing ½ gelas. Baca juga: 13 manfaat kesehatan di balik pedasnya bawang merah.

5. Akar jali

Cuci akar tanaman jali , kemudian jemur hingga mengering. Rebus 15 akar jali kering ke dalam 2 gelas air hingga tersisa segelas. Minum airnya setelah hambar , di pagi dan malam hari.

6. Labu dan akar bunga matahari

Siapkan 30 gram kulit labu dan 15 gram akar bunga matahari. Rebus keduanya dengan 500 ml air , setelah dicuci. Biarkan hingga mendidih dan airnya tersisa 250 ml. Minum airnya dengan rutin , setiap hari.

7. Mengkudu dan nanas

Ambil 2 buah mengkudu dan 300 gram nanas. Haluskan kedua buah ke dalam blender , minum airnya. Terapkan ampasnya pada area tubuh yang bengkak.

8. Daun baduyut

Ambil kapur sirih dan daun baduyut , masing-masing 5 gram. Tumbuk keduanya hingga halus , tempelkan pada adegan tubuh yang meradang selama seharian.

9. Daun sembung

Cuci 5 lembar daun sembung , kemudian rebus ke dalam 5 gelas air. Biarkan airnya berkurang 2 gelas , minum 3 kali dalam sehari , masing-masing 1 gelas.

10. Beras merah

Tumbuk secangkir beras merah hingga lembut , tambahkan 6 sdm minyak kesambi kemudian diremas-remas. Balurkan pada adegan tubuh yang bisul karena beri-beri. Lakukan cara ini dengan rutin , sebelum tidur malam .

11. Kacang hijau

Sediakan secangkir kacang hijau , sepotong gula aren , dan 2 cangkir santan kelapa. Rebus semua materi hingga menjadi bubur kental. Minum di pagi dan sore hari.

12. Daun legundi

Ambil 60 gram daun legundi , kemudian bungkus dengan daun pisang biji. Bahan ini kemudian dikukus selama 15 menit. Setelah menjadi hambar , oleskan pada adegan tubuh yang sakit. Lakukan cara ini dengan rutin setiap hari.

Nah , itulah 12 cara mengobati beri-beri secara alami dan tradisional. Jika anda menderita penyakit ini , sebaiknya konsultasi dengan dokter spesialis. Untuk mencegah penyakit beri-beri , cukupi kebutuhan vitamin B1 setiap hari. Simak juga: Top 16 makanan yang mengandung vitamin B1 tinggi. Jalani diet yang seimbang dan olahraga secara teratur , agar tubuh lebih sehat dan bugar. Untuk menghindari beri-beri , hindari semua kebiasaan buruk yang merugikan kesehatan anda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Top 15 Makanan Yang Mengandung Kalsium Tinggi

Kalsium merupakan salah satu unsur penting yang dibutuhkan untuk kelangsungan hidup manusia. Kalsium digunakan oleh tubuh kita untuk membangun , menguatkan , dan menjaga struktur tulang yang sehat. Produk makanan yang mengandung kalsium dapat dikenali dengan adanya simbul "Ca" yang tertera pada kemasan. Lantas , apa saja makanan alami yang mengandung mineral ini? Kalsium memang akrab kaitannya dengan kesehatan tulang. Tubuh kita menggunakan mineral ini dalam jumlah kecil untuk menunjang fungsi organ lainnya menyerupai jantung , darah , dan saraf. Benar , sebagian besar dari kalsium tersimpan di dalam tulang kita. Kaprikornus , saat kadar kalsium di dalam tubuh seseorang mengalami penurunan yang signifikan , maka kalsium akan diambil dari tulang kemudian dilarutkan dalam darah. Jika kondisi ini berlanjut dalam waktu lama , maka tulang kita menjadi keropos. Kekurangan kalsium dapat memicu persoalan kesehatan menyerupai hipertensi , kanker usus besar , obesitas , gangguan j

3 Manfaat Daun Reundeu Untuk Kesehatan Yang Luar Biasa

Daun reundeu memiliki aneka macam manfaat kesehatan yang jarang diketahui oleh banyak orang. Daun ini cocok dikonsumsi sebagai lalapan , yang tidak hilang vitamin dan nutrisinya. Bakteri pathogen yang merugikan kesehatan badan , dapat diatasi oleh daun reundeu. Bahkan , tanaman ini bisa mengobati penyakit kerikil ginjal dan sulit berkemih. Nama ilmiah dari daun reundeu yakni Staurogyne elongata , tergolong ke dalam keluarga Stauroginaceae. Daunnya berwarna hijau kekuningan dikala muda , dan hijau pucat ketika tua. Bunganya berwarna kuning , sangat mengagumkan sebagai bunga hias. Daun reundeu bersifat sedikit manis , dengan efek farmakologis salah satunya yakni diuretik. Akar tanaman ini juga sering digunakan untuk pengobatan bagi sejumlah penyakit. Khasiatnya yang luar biasa , layak dijadikan alasan untuk memasukkan tanaman ini ke dalam golongan tumbuhan herbal yang penuh manfaat. Budidaya tanaman ini dengan metode stek batang , atau penanaman bijinya. Kelembaban tanah dan pemupu

14 Manfaat Buah Amla Untuk Kesehatan Yang Luar Biasa

Kini sehat - Buah amla atau malaka memiliki manfaat untuk kecantikan dan berguna bagi pengobatan terhadap sejumlah penyakit. Hal ini tentunya disebabkan oleh adanya nutrisi penting dan zat aktif yang ada di dalamnya. Buah malaka termasuk ke dalam golongan buah berry , sehingga dalam bahasa Inggris disebut Indian gooseberry . Selain malaka , buah amla ( Phyllanthus emblica ) memiliki nama lain menyerupai ammalaki , amala , nillika , dan banyak lagi. Hmm , beberapa nama yang mengagumkan , bukan? Sekilas , jikalau anda melihat pohonnya mungkin anda menduga pohon cerme , tapi lebih besar dan berkelok-kelok. Buahnya juga sangat menyerupai dengan buah cerme , dan warnanya kuning kecoklatan. Buah malaka rasa yang getir dan masam. Kandungan buah amla Hampir setiap adegan dari tanaman malaka memiliki sifat penyembuhan terhadap sejulah penyakit. Mulai dari bunga , daun , akar , buah , dan bijinya sering digunakan dalam pengobatan ala India. Buah amla mengandung banyak tannoids dan tannin t