Langsung ke konten utama

13 Cara Mengatasi Keputihan Dengan Bahan Alami

Kini sehat - Keputihan merupakan duduk perkara bagi wanita yang harus diatasi dengan tepat. Aroma yang busuk disertai rasa gatal , tentu sangat tidak nyaman dan menyiksa. Untuk mengobati keputihan , anda dapat menggunakan cara tradisional dengan materi alami yang aman bagi tubuh. Sebelum membahas lebih jauh perihal obat keputihan , anda harus mengetahui penyebab gangguan kesehatan ini.

13 Cara Mengatasi Keputihan Menggunakan Bahan Alami
Penyebab Keputihan

Masalah keputihan telah ada semenjak lama , bahkan sebelum anda dilahirkan. Gangguan ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor , seperti:

Kurang menjaga kebersihan

Tidak menjaga kebersihan badan dengan baik , sehingga area tersebut menjadi sangat lembab. Kondisi ini sangat rentan dengan bisul mikroorganisme yang merugikan.

Infeksi Virus

Keputihan juga dapat timbul akhir penyakit herpes , HIV , dan conyloma. Jika penyebabnya yaitu virus condyloma , umumnya timbul bintil-bintil yang banyak dan cairan berbau. Tipe keputihan ini dapat memicu kanker ekspresi rahim.

Infeksi bakteri

Keputihan dapat disebabkan oleh bisul kuman gardnella , yang menimbulkan cairan berwarna keabuan , tidak pekat , kedaluwarsa amis , dan berbusa. Biasanya disertai dengan rasa gatal.

Infeksi Parasit

Infeksi oleh benalu yang disebut Trichomonas , dapat menular melalui kloset , peralatan mandi , dan sebagainya. Warna cairan yang timbul akhir jenis keputihan ini biasanya kuning kehijauan. Meskipun tidak gatal , tapi episode yang bermasalah akan sakit bila ditekan.

Infeksi jamur

Jamur Candidas dan Monilia , dapat menimbulkan keputihan dengan cairan berwarna putih , kental , kedaluwarsa busuk , dan rasa gatal. Bahkan area yang bermasalah akan menderita peradangan dan warna kulit di sekitarnya menjadi merah. Gangguan ini dapat dipicu oleh penyakit diabetes , atau imunitas yang rendah.

Penggunaan obat-obatan antibiotik

Sistem kekebalan badan pada wanita dapat menurun akhir menggunakan obat antibiotik dalam jangka panjang. Salah satu dampak buruknya yaitu keputihan.

Stres

Fikiran yang stres dapat mensugesti reseptor otak , sehingga terjadi perubahan hormon yang tidak seimbang. Kondisi ini juga dapat menimbulkan keputihan.


13 Cara Mengatasi Keputihan Dengan Bahan Alami


Sebenarnya duduk perkara ini cukup serius , sehingga setiap wanita yang menderita gangguan kesehatan ini seharusnya konsultasi dengan dokter untuk menerima pengobatan yang tepat. Namun , banyak wanita malu untuk menceritakan gangguan ini kepada dokter spesialis. Nah , untuk mengatasi keputihan secara alami dan tradisional , berikut ini materi yang dapat digunakan dan cara membuat ramuan:

1. Lidah buaya

Keputihan juga dapat diobati dengan aloe vera. Kupas daunnya , kemudian basuh dengan air mengalir untuk menghilangkan lendirnya. Rebus gel lidah buaya dengan air bersih selama beberapa menit. Anda dapat mengkonsumsi gel ini setelah agak dingin. Aloe vera efektif untuk mengatasi keputihan akhir jamur atau bakteri.

2. Kunyit


Beberapa zat penting dalam kunyit bersifat antibakteri , yang dapat melawan kuman penyebab keputihan. Cara membuatnya , sediakan 2 rimpang kunyit segar , asam jawa , segenggam daun beluntas , dan gula merah. Rebus bersama seliter air sampai mendidih selama beberapa menit , angkat. Saring , minum ramuan ini setiap hari sebanyak 1 gelas.

3. Baking soda

Untuk menyeimbangkan keasaman darah , gunakan baking soda. Pertumbuhan jamur akan terhambat , bila pH darah normal. Caranya , tuangkan ½ cangkir baking soda ke dalam kolam mandi yang berisi air. Berendamlah di dalam kolam mandi tersebut selama 30 menit. Cara ini efektif untuk menghilangkan rasa gatal akhir keputihan.

4. Daun sirih

Daun sirih juga memiliki sifat antibakteri yang dapat digunakan untuk mengobati keputihan , yang disebabkan bisul bakteri. Pertama , rebus daun sirih bersama dua gelas air sampai mendidih selama 2 menit. Setelah airnya tidak terlalu panas , gunakan untuk membersihkan organ badan yang mengeluarkan cairan tak sedap.

5. Yogurt

Olahan susu ini kaya akan kuman baik yang bisa melawan bisul jamur. Untuk mengobati keputihan , makanlah yogurt tanpa gula atau pemanis buatan lainnya. Basahi kain kasa dengan yogurt , kemudian terapkan pada episode badan yang terinfeksi. Cara ini dapat mengatasi keputihan dan rasa gatal yang timbul.

6. Bawang putih

Untuk membunuh kuman atau jamur penyebab keputihan , anda juga dapat menggunakan bawang putih. Caranya , tumbuk bawang putih sampai lumat , kemudian terapkan pada area yang bermasalah. Cara tradisional ini telah digunakan semenjak lama.

7. Minyak pohon teh

Bersihkan organ yang mengeluarkan cairan amis , dengan menggunakan minyak alami dari pohon teh. Anda juga dapat mengkonsumsi minyak teh , untuk mempercepat penyembuhan.

8. Biji mangga

Buah mangga kaya akan vitamin C yang berguna untuk menjaga kesehatan badan dan kecantikan kulit. Tidak hanya itu , biji mangga ternyata berguna untuk mengobati keputihan secara alami. Caranya , jemur biji mangga bau tanah di bawah sinar matahari sampai kering. Giling biji kering ini sampai terbentuk bubuk lembut. Campur dengan sedikit air sampai terbentuk krim atau pasta. Oleskan pasta ini pada area yang bermasalah.

9. Akar bunga mawar

Bunga mawar merupakan salah satu simbol dari kecantikan seorang wanita. Namun , tahukah anda , bahwa akar mawar berguna untuk mengatasi keputihan? Nah , untuk menggunakan materi alami ini , caranya cukup mudah. Ambil segenggam akar mawar , kemudian basuh dengan air mengalir. Rebus akar ini bersama 3 gelas air bersih. Biarkan mendidih dan tersisa 2 gelas air. Saring dan minum airnya di pagi dan malam hari.

10. Biji ketumbar

Tidak hanya sebagai pemanis bumbu kuliner , biji ketumbar juga dapat digunakan sebagai obat keputihan yang aman. Caranya , rendam biji ketumbar ke dalam air hangat selama semalaman. Minum airnya , saat anda bangkit tidur di pagi hari. Lakukan cara ini dengan rutin sampai gejala hilang.

11. Akar bayam

Sifat antibakteri dalam akar bayam juga efektif untuk mengobati keputihan , yang disebabkan oleh bisul kuman pathogen. Caranya , basuh akar bayam dengan air bersih. Haluskan akar bayam ini dengan menggunakan blender , tambahkan air matang secukupnya. Minum jus sehat ini , dua kali dalam sehari dengan rutin.

12. Jahe

Cukup dengan minum wedang jahe setiap malam. Zat aktif dalam jahe membantu untuk mengatasi keputihan pada wanita.

13. Cuka sari apel

Untuk menyembuhkan keputihan yang disebabkan oleh bisul jamur Candidas , gunakan cuka sari apel. Campur cuka ini dengan air secukupnya , untuk mengurangi kadar keasamannya. Gunakan campuran ini untuk membilas organ yang menimbulkan cairan berbau.


Cara Mencegah Keputihan abnormal


Supaya keputihan abnormal tidak kambuh lagi , lakukan beberapa langkah berikut ini:

  • Bersihkan area yang terinfeksi dengan sabun khusus dan air hangat.
  • Hindari penggunaan handuk bergantian dengan orang lain.
  • Gunakan pakaian dari materi yang mudah menyerap keringat , untuk mencegah kawasan lipatan menjadi lembab.
  • Hindari stres , karena dapat memperburuk kondisi anda.
  • Jaga kebersihan badan , terutama setelah berkemih.
  • Untuk menetralisir keasaman dalam badan , perbanyak minum air.
  • Perbanyak konsumsi buah dan sayur , untuk meningkatkan imunitas tubuh. Hal ini akan membuat badan menjadi lebih kebal terhadap kuman dan virus.

Nah , itulah 13 cara mengobati keputihan dengan materi alami. Konsultasi dengan dokter seorang andal penyakit dalam , bila penyakit belum sembuh dalam waktu yang lama. Jalani gaya hidup sehat dengan olahraga rutin dan contoh makan yang benar. Hindari semua kebiasaan buruk yang dapat merugikan diri sendiri. Simak juga: 7 cara mengatasi nyeri haid secara alami. Semoga tetap sehat dan bugar.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Top 15 Makanan Yang Mengandung Kalsium Tinggi

Kalsium merupakan salah satu unsur penting yang dibutuhkan untuk kelangsungan hidup manusia. Kalsium digunakan oleh tubuh kita untuk membangun , menguatkan , dan menjaga struktur tulang yang sehat. Produk makanan yang mengandung kalsium dapat dikenali dengan adanya simbul "Ca" yang tertera pada kemasan. Lantas , apa saja makanan alami yang mengandung mineral ini? Kalsium memang akrab kaitannya dengan kesehatan tulang. Tubuh kita menggunakan mineral ini dalam jumlah kecil untuk menunjang fungsi organ lainnya menyerupai jantung , darah , dan saraf. Benar , sebagian besar dari kalsium tersimpan di dalam tulang kita. Kaprikornus , saat kadar kalsium di dalam tubuh seseorang mengalami penurunan yang signifikan , maka kalsium akan diambil dari tulang kemudian dilarutkan dalam darah. Jika kondisi ini berlanjut dalam waktu lama , maka tulang kita menjadi keropos. Kekurangan kalsium dapat memicu persoalan kesehatan menyerupai hipertensi , kanker usus besar , obesitas , gangguan j

3 Manfaat Daun Reundeu Untuk Kesehatan Yang Luar Biasa

Daun reundeu memiliki aneka macam manfaat kesehatan yang jarang diketahui oleh banyak orang. Daun ini cocok dikonsumsi sebagai lalapan , yang tidak hilang vitamin dan nutrisinya. Bakteri pathogen yang merugikan kesehatan badan , dapat diatasi oleh daun reundeu. Bahkan , tanaman ini bisa mengobati penyakit kerikil ginjal dan sulit berkemih. Nama ilmiah dari daun reundeu yakni Staurogyne elongata , tergolong ke dalam keluarga Stauroginaceae. Daunnya berwarna hijau kekuningan dikala muda , dan hijau pucat ketika tua. Bunganya berwarna kuning , sangat mengagumkan sebagai bunga hias. Daun reundeu bersifat sedikit manis , dengan efek farmakologis salah satunya yakni diuretik. Akar tanaman ini juga sering digunakan untuk pengobatan bagi sejumlah penyakit. Khasiatnya yang luar biasa , layak dijadikan alasan untuk memasukkan tanaman ini ke dalam golongan tumbuhan herbal yang penuh manfaat. Budidaya tanaman ini dengan metode stek batang , atau penanaman bijinya. Kelembaban tanah dan pemupu

14 Manfaat Buah Amla Untuk Kesehatan Yang Luar Biasa

Kini sehat - Buah amla atau malaka memiliki manfaat untuk kecantikan dan berguna bagi pengobatan terhadap sejumlah penyakit. Hal ini tentunya disebabkan oleh adanya nutrisi penting dan zat aktif yang ada di dalamnya. Buah malaka termasuk ke dalam golongan buah berry , sehingga dalam bahasa Inggris disebut Indian gooseberry . Selain malaka , buah amla ( Phyllanthus emblica ) memiliki nama lain menyerupai ammalaki , amala , nillika , dan banyak lagi. Hmm , beberapa nama yang mengagumkan , bukan? Sekilas , jikalau anda melihat pohonnya mungkin anda menduga pohon cerme , tapi lebih besar dan berkelok-kelok. Buahnya juga sangat menyerupai dengan buah cerme , dan warnanya kuning kecoklatan. Buah malaka rasa yang getir dan masam. Kandungan buah amla Hampir setiap adegan dari tanaman malaka memiliki sifat penyembuhan terhadap sejulah penyakit. Mulai dari bunga , daun , akar , buah , dan bijinya sering digunakan dalam pengobatan ala India. Buah amla mengandung banyak tannoids dan tannin t