Langsung ke konten utama

4 Manfaat Bunga Eforbia Untuk Pengobatan Rumahan

Kini sehat - Bagi para pecinta tanaman hias , tentu tidak abnormal dengan bunga Euphorbia milii. Sebutan lain dari tanaman ini yaitu bunga delapan yang kuasa , yang memiliki sejumlah manfaat kesehatan disebabkan zat kimia yang ada di dalamnya. Euphorbia merupakan kaktus dari Madagaskar , dimana namanya diambil dari seorang tabib kerajaan Mauritania yang berjulukan Euphorbus.

4 Manfaat Bunga Eforbia Untuk Pengobatan Rumahan
Bunga eforbia dalam bahasa Inggris disebut crown of thorns , sedangkan di Indonesia disebut Kaktus Pakis Giwang atau sudu-sudu. Bunga ini menyukai tanah yang cenderung kering dengan banyak sinar matahari , menyerupai kaktus lainnya.

Ciri-ciri bunga eforbia

Bunga yang rupawan ini memiliki batang yang berduri , biasanya berbentuk bulat. Bunganya bergerombol atau berkelompok , dimana tiap kelompok memiliki 3-30 kuntum. Daunnya berwarna hijau dan tidak memiliki tangkai. Buah euphorbia bentuknya oval , bergerombol di ujung tangkai bunga. Biji euphorbia ada di dalam buahnya , warnanya coklat tua. Batang tanaman mengandung eksudat putih , atau getah susu putih yang cukup kental.

Kandungan bunga eforbia

Beberapa zat penting yang ada dalam bunga euphorbia menyerupai karbohidrat , asam amino , asam malat , asam sitrat , progesterone ,dan lainnya. Daunnya mengandung kalsium oksalat , substansi peptic dan kanji peroksida.


4 Manfaat Bunga Eforbia Untuk Pengobatan Rumahan


Beberapa jenis euphorbia menyerupai Angel Face , Forever Garden , Faboulus Splash , Moon Like , Sea Breeze , dll. Di Meksiko , bunga eforbia digunakan sebagai materi kertas , pelumas , dan lilin. Nah , berikut ini yaitu manfaat bunga eforbia untuk pengobatan:

1. Mengobati hepatitis

Hepatitis yaitu peradangan hati atau liver yang disebabkan oleh racun kimia atau infeksi virus. Hepatitis dapat terjadi secara akut maupun kronis. Selain virus hepatitis , penyakit ini juga dapat disebabkan oleh infeksi sitomegalovirus , mononukleosis infeksiosa , dan demam kuning. Virus lainnya yang dapat menimbulkan hepatitis termasuk Mumps , Cytomegalovirus , Rubella , Epstein-Barr , dan Herpes. Pelajari: Ramuan herbal untuk mengobati penyakit Liver.


4 Manfaat Bunga Eforbia Untuk Pengobatan Rumahan
Hepatitis A dapat sembuh sendiri , namun tidak berarti kebal terhadap tipe lain. Nah , untuk mengobati hepatitis , anda dapat menggunakan bunga eforbia. Caranya , pucuk batang pakis giwang diiris-iris , sebanyak 9-15 gram. Rebus batang ini bersama 3 gelas air hingga mendidih. Biarkan airnya tersisa 1 gelas , kemudian angkat. Tambahkan madu murni , kemudian minum airnya selagi hangat.

2. Mengobati bisul

Bisul merupakan penyakit kulit yang sangat menyiksa. Apalagi letaknya di adegan badan yang biasa digunakan untuk duduk. Tentu anda merasa tidak nyaman dengan kondisi ini. Nah , untuk mengatasi gangguan kulit ini , gunakan bunga eforbia. Caranya , batang eforbia diiris-iris kemudian dicuci dengan air yang mengalir hingga benar-benar bersih. Bakar dengan api kecil selama beberapa dikala , kemudian tempelkan pada kulit yang timbul bisul.

3. Mengobati luka bakar


Untuk mempercepat pemulihan jaringan pada luka bakar , gunakan bunga euphorbia . Patahkan batang euphorbia dengan hati-hati , agar tidak terkena getahnya. Ambil juga beberapa lembar daunnya. Cuci keduanya dengan air mengalir hingga bersih , kemudian rebus dengan air secukupnya. Biarkan mendidih selama beberapa menit , kemudian dinginkan. Gunakan untuk mengompres kulit yang mengalami luka bakar.

4. Meredakan pendarahan rahim

Pendarahan rahim bukanlah pendarahan dikala menstruasi. Pendarahan ini dapat disebabkan oleh perubahan hormonal , fibroid , perubahan sekresi oleh kelenjar tiroid , polip leher rahim , atau endometriosis. Kondisi ini juga disebabkan oleh selaput lendir rahim yang tumbuh secara berlebihan. Penderita biasanya akan menjadi pucat dan lemah , disebabkan kehilangan banyak darah.

Untuk mengatasi persoalan ini , gunakan materi alami. Caranya , rebus 15 kuntum bunga euphorbia dan 50 gram daging sapi bebas lemak. Setelah masak , anda dapat mengkonsumsi kudapan ini sebagai sup yang lezat dan menyehatkan.

Perhatian: Getah tanaman eforbia bersifat racun , dan berbahaya bagi tubuh. Kaprikornus , anda harus menghindari kontak eksklusif dengannya.

Nah , itulah 4 manfaat bunga eforbia untuk pengobatan rumahan. Simak juga: 4 Manfaat bunga anyelir untuk kecantikan! Kini anda mengetahui manfaat tanaman ini , selain sebagai tanaman hias.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Top 15 Makanan Yang Mengandung Kalsium Tinggi

Kalsium merupakan salah satu unsur penting yang dibutuhkan untuk kelangsungan hidup manusia. Kalsium digunakan oleh tubuh kita untuk membangun , menguatkan , dan menjaga struktur tulang yang sehat. Produk makanan yang mengandung kalsium dapat dikenali dengan adanya simbul "Ca" yang tertera pada kemasan. Lantas , apa saja makanan alami yang mengandung mineral ini? Kalsium memang akrab kaitannya dengan kesehatan tulang. Tubuh kita menggunakan mineral ini dalam jumlah kecil untuk menunjang fungsi organ lainnya menyerupai jantung , darah , dan saraf. Benar , sebagian besar dari kalsium tersimpan di dalam tulang kita. Kaprikornus , saat kadar kalsium di dalam tubuh seseorang mengalami penurunan yang signifikan , maka kalsium akan diambil dari tulang kemudian dilarutkan dalam darah. Jika kondisi ini berlanjut dalam waktu lama , maka tulang kita menjadi keropos. Kekurangan kalsium dapat memicu persoalan kesehatan menyerupai hipertensi , kanker usus besar , obesitas , gangguan j

3 Manfaat Daun Reundeu Untuk Kesehatan Yang Luar Biasa

Daun reundeu memiliki aneka macam manfaat kesehatan yang jarang diketahui oleh banyak orang. Daun ini cocok dikonsumsi sebagai lalapan , yang tidak hilang vitamin dan nutrisinya. Bakteri pathogen yang merugikan kesehatan badan , dapat diatasi oleh daun reundeu. Bahkan , tanaman ini bisa mengobati penyakit kerikil ginjal dan sulit berkemih. Nama ilmiah dari daun reundeu yakni Staurogyne elongata , tergolong ke dalam keluarga Stauroginaceae. Daunnya berwarna hijau kekuningan dikala muda , dan hijau pucat ketika tua. Bunganya berwarna kuning , sangat mengagumkan sebagai bunga hias. Daun reundeu bersifat sedikit manis , dengan efek farmakologis salah satunya yakni diuretik. Akar tanaman ini juga sering digunakan untuk pengobatan bagi sejumlah penyakit. Khasiatnya yang luar biasa , layak dijadikan alasan untuk memasukkan tanaman ini ke dalam golongan tumbuhan herbal yang penuh manfaat. Budidaya tanaman ini dengan metode stek batang , atau penanaman bijinya. Kelembaban tanah dan pemupu

14 Manfaat Buah Amla Untuk Kesehatan Yang Luar Biasa

Kini sehat - Buah amla atau malaka memiliki manfaat untuk kecantikan dan berguna bagi pengobatan terhadap sejumlah penyakit. Hal ini tentunya disebabkan oleh adanya nutrisi penting dan zat aktif yang ada di dalamnya. Buah malaka termasuk ke dalam golongan buah berry , sehingga dalam bahasa Inggris disebut Indian gooseberry . Selain malaka , buah amla ( Phyllanthus emblica ) memiliki nama lain menyerupai ammalaki , amala , nillika , dan banyak lagi. Hmm , beberapa nama yang mengagumkan , bukan? Sekilas , jikalau anda melihat pohonnya mungkin anda menduga pohon cerme , tapi lebih besar dan berkelok-kelok. Buahnya juga sangat menyerupai dengan buah cerme , dan warnanya kuning kecoklatan. Buah malaka rasa yang getir dan masam. Kandungan buah amla Hampir setiap adegan dari tanaman malaka memiliki sifat penyembuhan terhadap sejulah penyakit. Mulai dari bunga , daun , akar , buah , dan bijinya sering digunakan dalam pengobatan ala India. Buah amla mengandung banyak tannoids dan tannin t