Langsung ke konten utama

7 Manfaat Daun Andong Merah Untuk Pengobatan Rumahan

Tanaman hanjuang atau disebut andong merah yakni tanaman hias yang memiliki sejumlah manfaat kesehatan , disebabkan oleh efek farmakologis yang ada di dalamnya. Mulai dari gangguan ringan ibarat diare hingga penyakit berat termasuk tuberculosis , dapat diobati dengan ramuan tradisional yang berbahan daun andong.

7 Manfaat Daun Andong Merah
Daun andong memiliki sekitar 15 jenis , dengan nama ilmiah yang berbeda-beda ibarat Convallaria fruticosa , Aletris chinensis , Asparagus terminalis , Dracaena ferrea , Dracaena terminalis , Cordyline terminalis , Terminalis fructicosa , dll. Daun hanjuang berwarna hijau bercampur merah atau hijau muda saja.

Tanaman andong sekilas ibarat dengan bunga bakung , tetapi digolongkan ke dalam kelompok Asparagaceae bukan Liliaceae. Dalam bahasa Inggris , tumbuhan ini disebut cabbage palm. Andong merah (Cordyline fruticosa) dapat tumbuh pada iklim kering. Daunnya besar dengan ujung yang lancip , bunganya ibarat tangkai panjang yang muncul dari ketiak daun. Bunga andong berwarna putih agak hijau atau ungu.

Kandungan daun andong dan efek farmakologis

Daun hanjuang mengandung sejumlah zat penting ibarat flavonoid , zat besi , tanin , saponin , timidine , polifenol , polisakarida , steroida , dan kalsium oksalat. Beberapa senyawa tersebut juga terdapat dalam jumlah kecil pada bunga , batang , dan akarnya.

Daun andong memiliki sifat antibakteri , antikoagulan , antiproliferatif (melawan pertumbuhan kanker dan tumor) , menyejukkan , dan sedikit manis.

Masyarakat Polinesia menggunakan akarnya yang mengandung pati , sebagai materi obat-obatan dan makanan. Penggunaan andong sebagai tanaman obat juga sangat dikenal di Papua New Guinea.


7 Manfaat Daun Andong Merah Untuk Pengobatan Rumahan


Bukan hanya mengagumkan untuk menghiasi pagar rumah , ternyata daun andong juga dapat digunakan untuk mengatasi aneka macam dilema kesehatan ibarat disentri , maag , kencing berdarah , asma , wasir , kanker dan lainnya. Berikut ini manfaat daun andong untuk pengobatan:

1. Mengobati wasir

Salah satu penyebab wasir yakni contoh makan yang tidak sehat. Kurang serat dapat menimbulkan gangguan cerna , termasuk wasir. Untuk mengatasi dilema ini , ambil 7 lembar daun wungu dan 3 lembar daun andong segar. Kedua daun dipotong-potong , rebus bersama 3 gelas air hingga airnya menyusut 2 gelas. Minum ramuan ini dengan rutin setiap hari hingga sembuh.

2. Meredakan batuk berdarah


Tuberkulosis merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh infeksi kuman pada kanal nafas. Nah , untuk meredakan batuk darah karena TBC , gunakan daun andong merah. Caranya , jemur daun andong , akar , dan bunganya hingga mengering. Setelah kering , basuh semua materi hingga bersih kemudian rebus hingga mendidih selama beberapa menit. Minum airnya selagi hangat , 3 kali dalam sehari.

3. Mengatasi kencing berdarah

Jangan panik jikalau anda melihat darah bercampur dengan urin , ketika berkemih. Gangguan kesehatan ini dapat diobati dengan daun atau akar tanaman andong merah. Caranya , ambil 60-100 gram daun hanjuang atau 30-60 gram akarnya. Rebus salah satu materi tersebut ke dalam 3 gelas air. Biarkan airnya menyusut sebanyak 2 gelas , kemudian saring. Minum dengan rutin di pagi dan malam hari , masing-masing sebanyak ½ gelas.

4. Mengobati haid yang tidak lancar

Daun andong merah juga dapat berkhasiat untuk melancarkan haid yang tidak teratur dan meredakan pendarahan yang berlebih. Cara membuat ramuan tradisional ini tidakkah sulit. Cukup dengan merebus akar dan daun hanjuang ke dalam panci tanah selama beberapa menit. Minum airnya setelah agak hambar , 2 kali sehari. Baca juga: 7 cara mengatasi nyeri haid secara alami.



7 Manfaat Daun Andong Merah
5. Menyembuhkan radang gusi

Kulit tanaman andong merah ternyata bisa untuk mengatasi gusi bengkak. Caranya , haluskan kulit andong dan campur dengan sedikit garam. Oleskan pada gusi yang bisul untuk mengurangi nyeri.

6. Melawan racun binatang berbisa

Untuk mengobati bekas luka akhir gigitan serangga , tumbuk daun andong merah kemudian panaskan dengan api kecil selama beberapa saat. Campur dengan garam , kemudian terapkan pada kulit yang digigit oleh serangga. Ganti ramuan 3 kali dalam sehari.

7. Mengobati disentri

Gejala penyakit disentri salah satunya yakni diare secara berulang-ulang. Solusi untuk dilema ini yakni obat alami yang dapat dibuat sendiri. Cara membuatnya , ambil 15 gram akar andong atau 90 gram daunnya (bahan telah dikeringkan). Rebus akar atau daunnya bersama 3 gelas air hingga tersisa segelas saja. Minum airnya 3 kali sehari , masing-masing 1/3 gelas.

Nah , itulah 7 manfaat daun andong merah untuk pengobatan rumahan. Simak juga: 6 Manfaat bunga alamanda untuk pengobatan. Kini , anda tidak perlu jauh-jauh untuk mencari obat bagi penyakit yang telah disebutkan di atas. Cukup dengan menggunakan tanaman hanjuang. Anda dapat menanamnya di pekarangan rumah atau sebagai pagar hidup.

foto via flickr

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Top 15 Makanan Yang Mengandung Kalsium Tinggi

Kalsium merupakan salah satu unsur penting yang dibutuhkan untuk kelangsungan hidup manusia. Kalsium digunakan oleh tubuh kita untuk membangun , menguatkan , dan menjaga struktur tulang yang sehat. Produk makanan yang mengandung kalsium dapat dikenali dengan adanya simbul "Ca" yang tertera pada kemasan. Lantas , apa saja makanan alami yang mengandung mineral ini? Kalsium memang akrab kaitannya dengan kesehatan tulang. Tubuh kita menggunakan mineral ini dalam jumlah kecil untuk menunjang fungsi organ lainnya menyerupai jantung , darah , dan saraf. Benar , sebagian besar dari kalsium tersimpan di dalam tulang kita. Kaprikornus , saat kadar kalsium di dalam tubuh seseorang mengalami penurunan yang signifikan , maka kalsium akan diambil dari tulang kemudian dilarutkan dalam darah. Jika kondisi ini berlanjut dalam waktu lama , maka tulang kita menjadi keropos. Kekurangan kalsium dapat memicu persoalan kesehatan menyerupai hipertensi , kanker usus besar , obesitas , gangguan j

3 Manfaat Daun Reundeu Untuk Kesehatan Yang Luar Biasa

Daun reundeu memiliki aneka macam manfaat kesehatan yang jarang diketahui oleh banyak orang. Daun ini cocok dikonsumsi sebagai lalapan , yang tidak hilang vitamin dan nutrisinya. Bakteri pathogen yang merugikan kesehatan badan , dapat diatasi oleh daun reundeu. Bahkan , tanaman ini bisa mengobati penyakit kerikil ginjal dan sulit berkemih. Nama ilmiah dari daun reundeu yakni Staurogyne elongata , tergolong ke dalam keluarga Stauroginaceae. Daunnya berwarna hijau kekuningan dikala muda , dan hijau pucat ketika tua. Bunganya berwarna kuning , sangat mengagumkan sebagai bunga hias. Daun reundeu bersifat sedikit manis , dengan efek farmakologis salah satunya yakni diuretik. Akar tanaman ini juga sering digunakan untuk pengobatan bagi sejumlah penyakit. Khasiatnya yang luar biasa , layak dijadikan alasan untuk memasukkan tanaman ini ke dalam golongan tumbuhan herbal yang penuh manfaat. Budidaya tanaman ini dengan metode stek batang , atau penanaman bijinya. Kelembaban tanah dan pemupu

14 Manfaat Buah Amla Untuk Kesehatan Yang Luar Biasa

Kini sehat - Buah amla atau malaka memiliki manfaat untuk kecantikan dan berguna bagi pengobatan terhadap sejumlah penyakit. Hal ini tentunya disebabkan oleh adanya nutrisi penting dan zat aktif yang ada di dalamnya. Buah malaka termasuk ke dalam golongan buah berry , sehingga dalam bahasa Inggris disebut Indian gooseberry . Selain malaka , buah amla ( Phyllanthus emblica ) memiliki nama lain menyerupai ammalaki , amala , nillika , dan banyak lagi. Hmm , beberapa nama yang mengagumkan , bukan? Sekilas , jikalau anda melihat pohonnya mungkin anda menduga pohon cerme , tapi lebih besar dan berkelok-kelok. Buahnya juga sangat menyerupai dengan buah cerme , dan warnanya kuning kecoklatan. Buah malaka rasa yang getir dan masam. Kandungan buah amla Hampir setiap adegan dari tanaman malaka memiliki sifat penyembuhan terhadap sejulah penyakit. Mulai dari bunga , daun , akar , buah , dan bijinya sering digunakan dalam pengobatan ala India. Buah amla mengandung banyak tannoids dan tannin t